Cegah Covid-19 Tabalong Terbitkan Perbub

Tanjung, KP – Masih dalam rangka penegahan sebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Bupati Tabalong menerbitkan peraturan untuk peningkatan protokol kesehatan Covid-19 dalam tatanan masyarakat yang produktif dan aman.

Peraturan Bupati (Perbup) bernomor 26 Tahun 2020 diterbitkan pada tanggal 4 Agustus tadi berisi pembatasan aktivitas luar rumah.

Pembatasan luar rumah yang dimaksud meliputi kegiatan di sekolah, tempat kerja, rumah ibadah, fasilitas umum, kegiatan sosial dan budaya serta pengguna moda transportasi.

Perbup juga mewajibkan setiap orang selama pelaksanaan PK Covid-19 untuk melaksanakan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), menggunakan masker di luar rumah dan melaksanakan social distancing dan physical distancing.

Sanksi yang diberikan jika masyarakat tidak mematuhinya diantaranya akan mendapatkan teguran lisan, disuruh beli masker, disuruh pulang, kerja sosial dan pembubaran kegiatan.

Berita Lainnya
1 dari 198

Kegiatan seperti pernikahan, syukuran, selamatan, tahlilan dan takziah kematian dibatasi hanya 20 orang saja.

Sementara aturan untuk pengguna moda transportasi umum dibatasi hanya 50 persen saja dari kapasitas angkut.

Kepala Bagian Hukum Setda Tabalong, Ahmad Fauzi mengatakan Perbup masih dalam sosialisasi. “perlu sosialisasi dulu jadi tidak langsung diterapkan,” ujarnya.

Masih dalam upaya pencegahan sebaran Covid-19, Bupati Tabalong yang juga sebaga ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tabalong ini juga memprogramkan Gerakan Satu Juta Masker dan mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan, donasi masker yang direncanakan sebanyak satu juta ternyata melebihi dari target awal. Dari hasil pengumpulan sementara hari itu untuk masker yang masuk ke panitia sebanyak 1.032.728 masker.

Kegiatan yang langsung dipimpin oleh Bupati Tabalong melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Gerakan Satu Juta Masker di Kabupaten Tabalong dihadiri oleh Dinas Instansi/SKPD, Keperbankan, perusahaan swasta, BUMN/BUMD, organisasi profesi, perhotelan dan pembiayaan.

Menurut Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Pemda Tabalong Husin Ansari mengatakan, jumlah yang diterima pada hari ini akan terus bertambah. “Akan ada penambahan lagi,” demikian ungkap Husin. (ros)
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya