FIFA Futsal Rilis 16 peraturan Yang akan diaplikasikan Indonesia

FIFA Futsal belum lama ini, merilis 16 peraturan terbaru, yang direspon PSSI dan akan diaplikasikan di Indonesia

Banjarmasin, KP – Pengurus Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kalsel ikut merespon soal FIFA Futsal belum lama ini merilis peraturan terbaru dan terdapat 16 peraturan yang akan diaplikasikan oleh Indonesia.

Melalui salah satu pengurusnya komite wasit Asprov P Rahmadi, futsal yang masih berada di bawah PSSI mengakui memang benar FIFA telah mengeluarkan law of the game yang terbaru.

“Tetapi apakah sudah di terapkan atau belum itu tergantung dari PSSI karena futsal berada di bawah Federasinya yaitu PSSI,” kata dia.

Namun karena kondisi sekarang dalam situasi pandemi covid 19 jadi tidak ada kegiatan. Biasanya klo ada perubahan law of the game di terapkan di level kompetisi yang tertinggi terlebih dahulu.

“Jadi kita menunggu petunjuk dari federasinya dalam hal ini PSSI, untuk menerapkan peraturan terbaru tersebut,” lanjut dia.

Sebelumnya Sekretaris Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Kalimantan Selatan, Nariansyah mengatakan, 16 peraturan terbaru FIFA yang akan diterapkan dalam Futsal dunia berlaku setelah AFP mengikuti rapat virtual dengan FFI.

“Kita kan mengacu ketentuan FIFA,” tambah dia soal apakah ada kelebihan dan kekurangan dalam aturan baru itu, kata pria berkumis yang biasa disapa Mayor Nari ini.

Berita Lainnya

Shoto Kai Kalsel hadir

1 dari 268

Adapun 16 peraturan baru FIFA Futsal tersebut, yakni

  1. Dalam adu penalti terdapat lima penendang. Sebelumnya hanya tiga penendang.
  2. Permainan berakhir ketika wasit keempat (timekeeper) membunyikan sinyal suara, bukan lagi bunyi peluit wasit.
  3. Second penalty (penalti titik 12 meter setelah akumulasi 6 pelanggaran) akan diberikan meskipun waktu telah habis. Waktu habis jika bola berhenti bergulir atau terjadi gol setelah menendang second penalty tanpa sentuhan pemain lain kecuali kiper yang menjaga gawang.
  4. Dalam menendang kick-off, untuk memulai pertandingan tidak perlu lagi menendang melewati garis tengah. Pemain bisa memulai permainan lewat kick-off ke arah mana saja. Gol juga bisa terjadi melalui kick-off.
  5. Definisi handball yang diadaptasi dari sepakbola. Dalam peraturan terbaru, jika bola menyentuh bagian tubuh sendiri atau pemain lain lalu tak sengaja menyentuh tangan yang dalam posisi wajar, hal ini tidak dihitung pelanggaran.
  6. Jumlah pemain dalam adu penalti (termasuk cadangan) harus sama kedua timnya.
  7. Kartu Merah langsung bagi pemain di dalam maupun luar lapangan yang melakukan pelanggaran kepada pemain lawan atau situasi yang mempunyai peluang mencetak gol di area mana saja.
  8. Pemain yang melanggar peluang mencetak gol di area penalti bisa terkena kartu kuning jika ada upaya untuk memainkan bola setelah melakukan pelanggaran.
  9. Tendangan bebas tidak langsung untuk pelanggaran yang dilakukan di luar lapangan.

11.Pemain yang mengganggu / provokasi penendang penalti meski dari jarak minimum lima meter terkena kartu kuning.

12.Kick in: Hitungan dimulai ketika penendang kick-in telah siap menendang atau wasit yang memberi sinyal bahwa penendang telah siap.

13.Saat goal clearance, pemain bisa menerima bola dari lawannya di dalam area penalti (D Area).

14.Selama pertandingan, maksimal lima pemain bisa digantikan dalam satu waktu.

15.Pelatih bisa terkena kartu kuning dan merah karena melanggar atau melakukan kesalahan.

16 Kiper dilarang melempar melewati garis tengah lapangan (FIFA membebaskan anggotanya untuk memakai peraturan ini). (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya