Gubernur Motivasi Andil Warga Bangun Kalteng Berkah

Ketua DAD Kalteng Agustiar, mengemukakan Semangat Huma Betang, yaitu orang Dayak semuanya dapat maju membawa keberkahan untuk seluruh masyarakat terutana daerah Kalteng dalam turut serta membangun Kalteng.

PALANGKA RAYA, KP — Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, dorong dan beri motivasi masyarakat Dayak berperan dan memiliki andil dalam membangun Kalteng Berkah.

Hal itu ia sampaikan saat membuka kegiatan rapat koordinasi (Rakor) Damang dan Dewan Adat Dayak (DAD) se Kalteng, yang digelar di Palangka Raya, Rabu (12/8). “Sebagai masyarakay Dayak mari kita ambil bagian mencapai Kalteng Berkah”, pintanya.

Gubernur juga memaparkan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan dukungan Damang serta DAD, diantaranya Perda Pengendalian Kebakaran Lahan, yang segera akan diterbitkan Peraturan Gubernurnya (Pergub).

Tak luput pula terkait pandemi covid 19 yang hingga kini belum berkurang, untuk itu ia minta Damang dan DAD membantu penerapannprotokol kesehatan.

Rakor bertema “Indonesia Maju, Dayak Berdaya. Dengan Kapakat dan Karakat stop Covid-19” dihadiri oleh Ketua DAD Kalteng H. Agustiar, Sekretaris MADN Yakobus Kumis, Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo, Forkopimda Provinsi Kalteng

Kegiatan juga juga diikuti Ketua DAD Kabupaten/Kota, Bupati/Walikota, Ketua MUI Kalteng, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Agama serta Pemuda, berjumlah 107 Damang se Kalteng.

Ketua DAD Kalteng Agustiar, mengemukakan untuk semangat Huma Betang dimana orang Dayak semuanya dapat maju membawa keberkahan untuk seluruh masyarakat terutana daerah Kalteng dalam turut serta membangun Kalteng.

Berita Lainnya
1 dari 276
Loading...

Pentingnya musyawarah mufakat dan silaturrahmi untuk mencapai mufakat walaupun berbeda beda pandangan, pintanya.

Dikemukakan dengan silaturrahmi apapun agamanyaz apapun sukunya, dapat mempererat kekeluargaan dan kebersamaan hingga sinergitas. Saling koordinasi dan musyawarah mufakat.

Kuatkan tekad dan bersatu membangun daerah dan mensejahtrakan masyarakat. Jangan mau kita di adu domba, dipecah belah untuk kepentingan pribadi, kita harus bersatu untuk meningkatkan kesejahtraan dan membangun daerah kita,” ujar Agustiar.

Anggota DPR-RI Dapil Kalteng ini menyinggung ketahanan pangan, menjadi kebanggaan masyarakat Kalteng, dimana program Pemerintah Pusat terkait foot estate itu berkah luar biasa untuk Kalteng.

Luar biasa pendapatan daerah nantinya, dan tidak ada transmigrasi, ini harus didukung semua pihak termasuk masyarakat Dayak. Kita harus ikut andil membangun daerah dan berperan meningkatkan kesejahtraan masyarakat dayak khususnya.

Dipercaya Pemerintah Pusat melalui Presiden, menjadi ketahanan pangan nasional, ini membawa dampak posiitf bagi masyarakat Kalteng, khususnya masyarakat dayak, terangnya

Karena itu, ia ajakn Damang dan DAD wajib memberi dukungan agar masyarakat kita juga mendapatkan hal positif.

Terkait mengenai situasi kamtibmas, Agustiar juga meminta Kapolda Kalteng, untuk tidak henti hentinya aparat Kepolisian dan lainya memerangi narkoba sampai kenpelosok karena akan merusak generasi bangsa terutama masyarakat dayak.

“Mengenai Pergub Karhutla yang sudah dikeluarkan Gubernur, kami sangat apresiasi karena dapat membantu dan tidak mengengang para petani atau peladang dalam antisipasi karhutla, “ tegas Agustiar. (drt/k-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya