Hadapi Musim Kemarau HSS Apel Simulasi Taktis Penanggulangan Karhutla 

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry memimpin apel simulasi taktis penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Selasa (11/8/2020) di Lapangan Datu Duraba, Kecamatan Kalumpang.

Apel diikuti personil gabungan dari berbagai unsur, di antaranya TNI-Polri, Relawan pemadam kebakaran, BPBD dan pihak swasta.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menghadapi musim kemarau, yang rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Bupati HSS Achmad Fikry mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, yang telah berkontribusi aktif dalam penanggulangan Karhutla. Ia berharap dapat terus dilakukan dalam rangka mengatasi masalah Karhutla ini.

Upaya pencegahan Karhutla terus dilakukan, selain itu juga menyadarkan masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan untuk kepentingan apapun. Sebab terangnya, hal itu melanggar peraturan perundang-undangan yang ada.

Sebagai garda terdepan dalam antisipasi penangan secara dini Karhutla berbasis masyarakat ujarnya, peran dari masyarakat peduli api dan kelompok tani peduli api perlu dioptimalkan, utamanya dalam memonitoring wilayah sekitarnya dan melakukan pemadaman tingkat awal.

Berita Lainnya
1 dari 286
Loading...

Meski begitu pesannya, tetap berkoordinasi dengan elemen masyarakat maupun instansi terkait lainnya.

Achmad Fikry mengimbau kepada elemen masyarakat, agar sejak dini dipersiapkan sumber daya manusia dan peralatan pencegahan kemungkinan terjadi bencana kebakaran, baik rumah muapun hutan, lahan dan kebun.

“Selain itu, terus sosialisasikan cara pembukaan lahan pertanian dan perkebunan, melalui metode pembukaan lahan tanpa bakar. Sehingga Karhutla dapat kita minimalkan,” pesannya.

Pencegahan dan penanggulangan Karhutla ia menekankan, tetap dengan upaya memasyarakatkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kegiatan apapun, saya berharap penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 harus tetap kita lakukan. Menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sesering mungkin, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan,” tegasnya.

Achmad Fikry menyampaikan apresiasi kepada jajaran Polres HSS, yang hari ini mengadakan apel kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla itu.

Apel itu dihadiri Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi, Kepala Kejaksaan HSS Agus Rujito, Ketua Pengadilan Negeri Kandangan Dian Erdianto, dan Kepala SOPD terkait. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya