Masa Pandemi Covid-19 Ekspor Batubara dan CPO Menurun Tajam

Banjarmasin, KP – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalsel M Edy Mahmud pada jumpa pers bulanan melalui virtual, mengatakan, perekonomian Kalimantan Selatan berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan II-2020 mencapai Rp43,78 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp32,33 triliun.

Perekonomian Kalimantan Selatan selama semester I-2020, dibanding semester I-2019 tumbuh sebesar 0,67 persen (c-to-c).

“Sedangkan perekonomian Kalimantan Selatan triwulan II-2020 dibanding triwulan II-2019 mengalami kontraksi sebesar -2,61 persen (y-on-y),” sebutnya..

Jelas Edy, jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya (q-to-q), perekonomian Kalimantan Selatan pada triwulan II-2020 mengalami kontraksi sebesar -0,02 persen.

Dari sisi produksi, secara y-on-y triwulan II tahun 2020 kategori yang mengalami kontraksi terdalam adalah Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan 9,25 persen.

Berita Lainnya
1 dari 457
Loading...

Disebutkan, efek pandemi covid-19 mulai sangat dirasakan oleh masyarakat pada kuartal kedua dengan terkontraksinya Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PKRT) sampai -3,30 persen.

Juga terjadinya PHK di beberapa sektor usaha, perpanjangan PSBB dan larangan mudik tampaknya sangat menekan konsumsi rumah tangga.

Ditambah pula, berkurangnya tunjangan hari raya untuk mereka yang bekerja di sektor formal khususnya bagi ASN, jika dibandingkan tahun sebelumnya, turut mendukung terjadinya kontraksi pada komponen PKRT juga komponen PKP.

“ Kontraksi juga terjadi pada komponen perdagangan yang terdiri dari ekspor dan impor yang masing-masing sebesar -0,46 persen dan -3,71 persen,”imbuh Edy.

Beberapa komoditas unggulan Kalimantan Selatan seperti batu bara dan CPO mengalami penurunan ekspor yang cukup tajam pada kuartal ini, hal ini sangat mempengaruhi perekonomian Kalimantan Selatan secara keseluruhan. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya