Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Pelaksanaan Swab Masif

Batulicin, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) ikuti rapat koordinasi pelaksanaan swab masif, di Media Center BPBD Tanbu 11/8/2020 kemarin. 

Rakoor yang digelar secara online oleh BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, dibuka oleh  Plt Kepala BPBD Kalsel Roy Rizali Anwar.

Roy mengatakan rakoor digelar terkait dengan akan dilaksanakannya swab masif se-Kalsel pada tanggal 14 s.d 17 Agustus 2020. 

Melalui swab masif ini, diharapkan pasien yang terkonfirmasi Covid-19 tidak menjadi sumber penularan bagi yang lain. Lebih lanjut ujar Roy, pelaksanaan RT PCR secara masif ini ditetapkan sasaran dengan mempertimbangkan beberapa kriteria yaitu, Jumlah penduduk populasi yang beresiko, Cakupan program, termasuk cakupan jumlah orang yang telah di Swab/RT PCR diwilayah tersebut, Trend pertumbuhan kasus, Attack rate tiap 100.000 penduduk. 

Berita Lainnya
1 dari 255
Loading...

Sedangkan kelompok sasaran tiap Kabupaten/Kota ditetapkan dengan kriteria; 1). Kontak erat kasus konfirmasi yang belum di Swab di Kab/Kota tersebut, 2). Orang atau penduduk yang memenuhi kriteria suspek covid dan belum di Swab, 3). Orang atau penduduk yang memenuhi kriteria probable covid dan belum di Swab, dan 4). Kelompok kasus yang beresiko.   

Di rakoor tersebut juga disampaikan struktur organisasi penanggungjawab kegiatan swab masif di masing-masing Kabupaten/Kota.

Selain itu, kesiapan Kab/Kota pada pelaksanaan swab masif, baik dari kesiapan petugas, tempat karantina, tempat pemeriksaan swab, pengamanan, dan lainnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Tanbu H. Ready Tanbu menyampaikan target swab di Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 1.064. 

  1. Puskemas Perawatan Sebamban 2 jumlah kasus 41, terget swab 177. Puskesmas Giri Mulya jumlah kasus 6, terget swab 26. Puskesmas Sebamban 1 jumlah kasus 12, terget swab 52. Puskesmas Perawatan Pagatan jumlah kasus 39, target swab 169. Puskesmas Pulau Tanjung jumlah kasus 1, target swab 4. Puskesmas perawatan Lasung jumlah kasus 1, target swab 4. Puskesmas Teluk Kepayang jumlah kasus 12, terget swab 52.  Puskesmas Mantewe jumlah kasus 13, target swab 56. Puskesmas Karang Bintang jumlah kasus 2, target swab 9. Puskesmas Batulicin 1 jumlah kasus 10, target swab 43. Puskesmas Perawatan Simpang Empat jumlah kasus 25, target swab 108. Puskesmas Darul Azhar jumlah kasus 29, target swab 125. Puskesmas Batulicin jumlah kasus 23, target swab 99.  Terkait pelaksanaan swab masif ini, sebut Wabup, Pemkab Tanbu siap melaksanakan kegiatan tersebut dengan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya seperti TNI dan Polri. 

“Semoga kegiatan swab masif ini berjalan sukses dan lancar sehingga wabah covid-19 ini cepat berlalu,” harap H. Ready Kambo. Selain wakil bupati pada rakor ini hadir juga Kepala Pelaksana BPBD Tanbu Eryanto Rais, Kepala Dinkes Tanbu H. Setia Budi beserta jajarannya, Perwakilan Kodim 1022/Tnb, dan Polres Tanbu. (rel/han)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya