Warga Desa Sungai Dua Ikuti Pelatihan Mengolah Hasil Perikanan

Batulicin, KP – Sebanyak 32 warga Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat mengikuti pelatihan cara mengolah hasil perikanan. Pelatihan ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) dengan Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Balai Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Plt Kepala Dinas Perikanan Tanbu, Yulian Herawati mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 26 sampai 29 Agustus 2019 di Balai Desa Kantor Desa Sungai Dua.

Pada pelatihan ini, ujarnya, peserta dilatih cara mengolah produk pangan berbahan dasar ikan patin. Dari pelatihan ini, peserta membuat 11 produk olahan berbahan dasar ikan patin, dengan memanfaatkan daging ikan, kulit, hingga tulang ikan.

Diantara produk olahan tersebut yaitu brownies coklat ikan patin, kerupuk kulit ikan patin, stik tulang ikan patin, tahu baso ikan patin, dan lainnya.  Yulian berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian warga, dan menciptakan lapangan kerja baru. 

Berita Lainnya
1 dari 256
Loading...

Kegiatan pelatihan seperti ini, sebut Yulian akan terus berlanjut agar para peserta dapat menjadi wirausaha yang unggul. 

“Hari ini warga dilatih cara pengolahan hasil perikanan. Selanjutnya, peserta akan diberikan pelatihan cara pengemasan produk dan pemasarannya oleh instansi terkait lainnya,” ujar Yulian. 

Kegiatan pelatihan pengolahan hasil perikanan ini juga mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Tanbu H. Ready Kambo.  Jum’at (28/08/2020), Wabup H. Ready Kambo berkunjung melihat langsung proses pengolahan hasil perikanan berbahan dasar ikan patin. 

Selain Wabup, pelatihan tersebut juga dihadiri oleh Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kabupaten Tanah Bumbu, dan Kepala Desa Sungai Dua beserta jajaranya. (rel/han)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya