Warga Komplek Cakra Indah Terus Hidupkan Tradisi Bubur Asyura

Batola, KP – Setiap tanggal 10 Muharram warga muslim ramai merayakan dan memperingatinya sebagai salah satu hari yang bersejarah dalam agama Islam, tak terkecuali bagi warga Komplek Cakra Indah, Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Sabtu (29/8/2020).

Sejak siang hari, puluhan warga di Komplek Cakra Indah sudah sibuk menyiapakan berbagai macam sayuran dan bumbu dari berbagai jenis rempah. Dimana, biasanya setiap 10 Muharam sudah menjadi tradisi untuk membuat bubur Asyura.

Elin warga Komplek Cakra indah selaku koordinator mengatakan kegiatan pembuatan bubur Asyura merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya.

Berita Lainnya

Batola dan Kejari Jalin Kerjasama Penanganan Hukum

Kodim 1005 Luncurkan Tim Mobile

1 dari 168
Loading...

“Memang tradisi di komplek kami kalau 10 Muharram ini rutin bikin bubur Asyura dengan 41 macam isi. Semua ada maksud dan maknanya. Terlebih, disamping menyambut hari bersejarah dalam Islam, kita juga bisa berdoa bersama, dan saling berbagi untuk sesama,” ujarnya.

Untuk memasak buburnya sendiri, didominasi oleh kaum hawa, baik untuk mengaduk dan mempersiapkan bumbu-bumbuan untuk dicampurkan ke dalam bubur tersebut.

Adapun dana dalam membuat bubur merupakan sumbangan sukarela semua warga komplek.

Untuk bahan campuran bubur Asyura 15 liter beras, 30 telor, ayam 7 ekor, daging sapi dan sayuran serta berbagai bumbu campuran lainya.

“Jika bubur Asyura tersebut masak akan dibagikan gratis kepada Seluruh warga dengan mendatangi setiap rumah warga,” pungkas Elin.

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya