Bupati HST Buka Bimtek PRBA
BLUD RSUD H Damanhuri Tahun 2021

Barabai, KP – HST Gelar Bimtek penyusunan Rencana Bisnis Anggaran BLUD RSUD H.Damanhuri Barabai Tahun 2021 dan Finalisasi Rancangan Perbup sesuai Amanat Permendagri Nomor 79 Tahun 2018.

Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah membuka Bimtek penyusunan Rencana Bisnis Anggaran BLUD RSUD H.Damanhuri Barabai Tahun 2021 dan Finalisasi Rancangan Perbup sesuai Amanat Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 di ruang pertemuan Hotel Grand Dafam Q Mall Banjarbaru, Sabtu (12/9/2020).

Hadir dalam acara tersebut Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten HST H Farid Fakhmansyah, Para Asisten, Direktur RSUD H.Damanhuri Barabai, Pejabat Struktural Pemkab. HST dan Peserta Bimtek, sebagai Narasumber Dr. M. Ramadhan, SE, ME, Ak, CA Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan.

Mengawali sambutannya Bupati HST A Chairansyah menyampaikan BLUD merupakan bagian dari perangkat daerah dengan status hukum tidak terpisah dari Pemerintah Daerah, berbeda dengan SKPD pada umumnya pola pengelolaan keuangan BLUD memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktek bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Berita Lainnya

HST Gencar Lakukan Operasi Razia Masker

1 dari 293
Loading...

Lebih lanjut Chairansyah mengatakan tujuan dari pembentukan BLUD agar pemberian layanan umum lebih efektif dan efisien sejalan dengan praktek bisnis yang sehat, pengelolaannya dilakukan berdasarkan kewenangan yang didelegasikan oleh Kepala Daerah. BLUD harus menyiapkan penyusunan rencana bisnis (RBA) tahunan sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Chairansyah mengharapkan dengan dilaksanakan Bimtek ini seluruh peserta akan memiliki persepsi, pengetahuan dan pemahaman yang sama dalam mengimplementasikan Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 dan dapat menuangkannya dalam finalisasi Rancangan Peraturan Bupati, sesuai dengan regulasi dan tata kelola Pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Daerah Kab. HST menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang tak terhingga kepada para pejuang kemanusiaan khususnya yang bertugas di RSUD H. Damanhuri Barabai untuk segala pengorbanan dan keikhlasan yang saat ini menjadi garda terdepan dalam memerangi pandemi covid-19,” tutupnya.

Sebelumnya Direktur RSUD H.Damamhuri Barabai M.Asnal Selaku Panitia Penyelenggara menyampaikan bahwa dalam memperhatikan kebutuhan organisasi RSUD H Damanhuri Barabai dalam melaksanakan upaya untuk meningkatkan pelayanan yang bermutu, diperlukan pengaturan pengelolaan Rumah Sakit sesuai amanat Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah.

Seterusnya M.Asnal menyampaikan mengingat batas waktu pemenuhan amanat Permendagri tersebut sampai bulan Oktober 2020, maka diperlukan waktu khusus dan bimbingan teknis yang memadai untuk menyelesaikan 15 buah draf Peraturan Bupati, Bimtek dilaksanakan selama 2 hari, yang mana dalam pelaksanaan Bimtek ini mendapatkan pendampingan dari unsur-unsur Pemerintah Daerah yaitu dari Asisten Sekretaris Daerah semua bidang, Kepala BPKAD Kab. HST, Kepala BKPSDM Kab. HST dan dari Kepala Bagian Hukum Setda Kab HST. (adv/ary/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya