Bupati Resmikan Rumah Dataku Desa Gunung Raja

Pelaihari, KP – Bupati Tanah Laut (Tala) H.M Sukamta meresmikan Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku) Desa Gunung Raja Kecamatan Tambang Ulang pada Rabu (16/9/2020).

Selain peresmian Rumah Dataku, juga dilakukan Pelantikan dan Pengukuhan Ketua Tim Penggerak PKK dan Bunda PAUD Desa Bingkulu dan Kayu Abang, Kecamatan Tambang Ulang.

Camat Tambang Ulang Ade Gumelar dalam sambutannya mengatakan bahwa Rumah Dataku berfungsi sebagai pusat data yang mencakup sistem pengelolaan data kependudukan yang bersumber dari rakyat dan untuk rakyat, “Dengan data tersebut kita bisa melakukan intervensi pembangunan di bidang KB guna meningkatkan kesejahteraan rakyat” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 221
Loading...

Sementara itu menurut Bupati Tala Sukamta keberadaan data terintegrasi yang ada di Rumah Dataku bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk mengidentifikasi permasalahan seperti anak yang belum mempunyai akta kelahiran, “Jika ada keluarga yang dokumen kependudukannya kurang lengkap dan keluarga yang tidak mampu bisa dilihat dari data yang dimiliki rumah data ini,”ujarnya.

Sukamta juga menekankan program KB bukan melulu soal setiap keluarga hanya memiliki dua anak, melainkan program KB adalah program yang membantu masyarakat memiliki keluarga yang mapan dan sejahtera baik dari segi ekonomi, sosial dan budaya.

Tak lupa, bupati juga berpesan kepada para pengurus TP PKK tingkat desa yang baru dilantik agar dapat berkoordinasi dengan para Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Kader Sub PPKBD, karena para kader tersebut berada dibawah konsolidasi TP PKK, “Saya harap Kader PPKBD dan Kader Sub PPKBD karena sinergi keduanya diperlukan untuk mendukung keluarga di Kabupaten Tala agar lebih baik lagi,”tuturnya.

Dalam peresmian Rumah Dataku tersebut juga dihadiri Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Tala H. Zainal Abidin, Ketua TP PKK Tala Hj. Nurul Hikmah Sukamta, Wakil Ketua I TP PKK Tala Tala Yati Oktoviana Abdi Rahman, Wakil Ketua II TP PKK Tala Hj. Rachmalina Dahnial Kifli dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Tambang Ulang. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya