Dari Silat, Riswan Banting Setir ke Panjat Tebing

Banjarmasin, KP – Siapa sangka seorang remaja yang awalnya menggeluti olahraga silat ini bisa masuk ke dalam tiga kategori penilaian olahraga cabang Wall Climbing atau panjat dinding yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan (Porprov Kalsel) tahun 2022 nanti.

Adalah Riswandi, remaja yang merupakan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Banjarmasin itu terpilih sebagai atlet untuk mewakili kota dengan julukan Kota Seribu Sungai ini dalam perhelatan Porprov 2022 yang akan diselenggarakan di Kabupatan Hulu Sungai Selatan nanti.

Pencapaian tersebut berhasil diraihnya setelah melewati tiga hari masa seleksi pembinaan atlet yang dilakukan Federasi Panjat Tebing (FPTI) Kota Banjarmasin.

Siswa dengan sapaan Riswan ini mengaku terkejut dengan hasil yang ia dapatkan. Pasalnya ini merupakan pengalaman pertama kali yang ia dapatkan selama menggeluti latihan kegiatan yang termasuk olahraga ekstreme itu.

“Saya juga tidak menyangka kalau bisa masuk dalam tiga kategori dalam seleksi ini,” ucapnya saat ditemui Kalimantan Post disela latihannya.

Riswan menceritakan pada awalnya ia menggeluti silat sebagai salah satu pengembangan diri di sekolah. Namun ia merasa jenuh lantaran tidak menemukan soul atau jiwa dari olahraga bela diri milik Indonesia tersebut.

Sehingga ia memutuskan untuk mencoba olahraga panjat tebing atas ajakan dari salah satu temannya yang juga termasuk atlet bimbingan FPTI Kota Banjarmasin.

“Di silat saya bingung tidak ada perkembangan, kebetulan ada teman yang juga atlet mengajak saya berlatih, dan alhamdulillah disini saya menemukan semangat untuk berlatih,” ujarnya.

Diusianya yang belia ini, Riswan mendapat kesempatan untuk membawa nama Kota Banjarmasin dalam perlombaan tingkat provinsi ini. Namun hal tersebut bukan menjadi beban, malah dijadikannya bara untuk membakar semangat.

Berita Lainnya
1 dari 248

“Walaupun pengalaman pertama, kita tetap harus semangat dan optimis untuk merai hasil yang maksimal,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekertaris Umum (Sekum) FPTI Kota Banjarmasin, Dzuardi Mufti Ramadhani mengaku sengaja melibatkan atlet yang masih berusia muda untuk mewakili Kota Baiman ini di kancah Porprov Kalsel 2022 nanti.

“Kita harus memiliki generasi untuk meneruskan upaya kita dalam memajukan olahraga panjat tebing di Banjarmasin. Termasuk Riswandi ini, dia memang disiapkan untuk bisa bersaing melawan atlet ladari daerah lain,” tandasnya.

Untuk diketahui, Riswan sendiri berhasil meraih peringkat pertama di ketiga kategori. Baik di kelas Speed Classic, Speed WR maupun kelas Lead.

Untuk masing-masing pemenang di setiap jelas atau kategori dari seleksi yang dilakukan FPTI Kota Banjarmasin adalah sebagai berikut :

Speed Classik
Putera
1 Riswandi utusan SMAN 5
2 rahmadi utusan Politeknik Banjarmasin
3 Alam Barawana Azhari utusan Fkip ULM

Putri :
1 siti rukayah utusan Predator Climbing
2 Priska adella utusan pasca sarjana STIE
3 Ica hapisah Erliani (Freelance)

Speed WR
Puteri :
1 Priska Adella utusan Pasca Sarjana Stie
2 Siti Rukayyah utusan predatoor climbing
3 Jannah utusan Predator Climbing

Putera :
1 Riswandi utusan SMA 5
2 Muhammad Ilma Abdullah utusan TKPH (polisi kehutanan)
3 Muhammad utusan SMK Sabilal Muhtadin

Lead
Putera
1 Riswandi utusan SMA 5
2 M Amin utusan SMA Sabilal Muhtadin
3 Rahmadi utusan Politeknik Banjarmasin

Puteri
1 Priska Adella utusan Pasca sarjana STIE
2 Siti Rukayyah utusan Predator Climbing
3 Hapisah erliani (Freelance).(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya