Lomba Perahu Katir Pulau Kerayaan Agenda Tahunan Kotabaru

Kotabaru, KP – Sudah menjadi moment tahunan yang diagendakan dinas kebudayaan Kotabaru, bahwa di setiap bulan Agustus warga Pulau Kerayaan Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan lomba perahu katir (Katir Race) dengan tujuan mengenang nenek moyang warga setempat pada zaman dahulu yang menggunakan perahu layar (katir) sebagai transportasi laut, bertepatan dengan visi dan misi Bupati H Sayed jafar yang diantaranya memajukan agrobisnis dan kepariwisataan.

Minggu 30/8/2020, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar didampingi anggota DPRD dan Kepala SKPD membuka lomba perahu katir tahun 2020 ditandai dengan tembakan keudara di Pulau Kerayaan Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kotabaru, disaksikan Forkopimca, dan undangan.

Berita Lainnya
1 dari 119
Loading...

Usai melepas lomba, Bupati menyampaikan “Kita perlu mendukung acara ini sebab merupakan pelestarian sejarah nenek moyang jaman dulu yang menggunakan perahu katir sebagai sarana transportasi laut, jangan sampai anak anak kita nanti tidak mengetahui asal lomba katir race. Katir race tidak ada di kabupaten lain di Kalimantan Selatan sehingga hal ini tentunya menjadi daya tarik wisatawan luar untuk berkunjung ke Kotabaru dan otomatis akan bisa meningkatkan perekonomian warga, ujar Bupati.

Selain itu, Bupati juga menginginkan acara event budaya ini dikemas dengan baik dan lebih besar lagi dilaksanakan oleh warga tiga wilyah yaitu, Kerayaan, Kerasian, dan Kerumputan agar bisa lebih dikenal diseluruh Indonesia.

Lomba perahu katir race ini dibagi dua kategori yaitu, perahu katir besar sebanyak 12 peserta dan kategori perahu katir kecil sebanyak 9 peserta, dengan rute start dari pulau kerayaan kemudian mengelilingi pulau kerasian dan finish kembali di pulau kerayaan. (and/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya