Owa-owa Peliharaan Warga Dievakuasi

Balangan, KP – KPH Balangan mendapat informasi warga yang ingin menyerahkan Owa-owa (Hylobates albibarbis ) yang sudah lama dipelihara. Tim segera beraksi dan bergegas menuju lokasi rumah pemilik owa-owa di Desa Baruh Panyambaran, Kecamatan Halong, Rabu (23/9).


Dari pengakuan pemilik, sudah memelihara satwa tersebut sekitar 2 tahun lebih. Owa-owa itu sudah diberi nama kesayangan ‘Onat’ oleh si ibu yang memelihara. Hewan itu berjenis kelamin betina dengan umur sekitar 6 tahun lebih.

Berita Lainnya

Pansus DPRD Paser Kunjungi KPH Balangan

1 dari 315


Sang pemilik sempat meneteskan air mata saat primata kesayangannya dimasukkan ke kandang dan diangkut ke mobil petugas.
“Menurut pengakuan pemilik, sudah memelihara sejak kecil. Makanya owa-owa itu sangat akrab dengan ibu yang memelihara. Tetapi, akhir-akhir ini ia lebih agresif. Diduga memasuki masa reproduksi,” ungkap anggota TKPH KPH Balangan, Bowo.


Owa-owa itu, dulu ditemukan warga di hutan saat masih sangat kecil dan setelah itu dipelihara sampai besar seperti sekarang.


Kasi Perlindungan Hutan KPH Balangan M Emir Faisal mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan BKSDA. Hewan ini dititipkan di kantor, sebab owa-owa tidak bisa langsung dilepasliarkan. Harus dikarantina dulu.


Berdasarkan arahan dari Kepala Seksi Konservasi Dinas Kehutanan Kalsel, owa-owa ini akan dikarantina di kawasan Tahura Sultan Adam. (dishut/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya