Pansus DPRD Paser Kunjungi KPH Balangan

Balangan, KP – KPH Balangan kedatangan tamu istimewa. Pansus Raperda DPRD Kabupaten Paser, Kalimantan Timur datang berkunjung, Kamis (24/9) tadi.

Dengan senyum hangat, Plt Kepala KPH Balangan dan kepala seksi menyambut kedatangan rombongan sebanyak 9 orang dalam rangka studi orientasi konservasi satwa yang dilindungi undang-undang.

Kasi Perlindungan Hutan M Emir Faisal membuka awal pembicaraan dengan memaparkan profil KPH Balangan dan program-program kegiatan yang telah dilaksanakan. Termasuk upaya konservasi satwa yang dilakukan.

Berita Lainnya

Owa-owa Peliharaan Warga Dievakuasi

1 dari 315

Plt Kepala KPH Balangan Heriyadi menjelaskan, dalam penanganan hewan yang dilindungi, termasuk kewenangan pemerintah kabupaten dan provinsi.

Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Kehutanan berkomitmen dalam pelestarian ekosistem, terutama satwa liar yang dilindungi beserta habitatnya. Salah satunya dengan pembuatan Raperda Pengelolaan Hutan. Seperti perlindungan dan pengelolaan Kawasan Ekosistem Esensial (KEE).

Hal itu sesuai dengan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan. KEE merupakan kewenangan pemerintah daerah, karena secara umum satwa yang dilindungi berada di luar kawasan hutan.

“Raperda provinsi ini dapat diadopsi sesuai kewenangan yang ada pada pemerintah kabupaten, termasuk dalam pengelolaan Tahura yang arealnya berada di satu kabupaten yang menjadi kewenangan kabupaten,” ungkapnya.

Anggota Pansus Raperda DPRD Kabupaten Paser menyampaikan ucapan terima kasih, karena sudah diterima dengan baik kedatangan rombongan di KPH Balangan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menggali referensi atau pengayaan subtansi yang akan dibahas dalam penyelesaian raperda nantinya. (dishut/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya