Pemkab HSS Berusaha Maksimal Dalam Evaluasi SAKIP

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menjalani proses penilaian dalam evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)  oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Kamis (3/9/2020) pagi.

Bupati HSS Achmad Fikry, didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah Muhammad Noor mengikuti evaluasi dari Tim Evaluator Kemenpan RB, yang secara daring melalui telekonferensi dari Ruang Media Center, Kantor Sekretariat Daerah setempat.

Sementara seluruh Kepala Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten HSS, mengikuti acara tersebut dari kantornya masing-masing.

Pada pengantarnya, Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, pihaknya telah berusaha maksimal untuk menindaklanjuti hasil evaluasi serta rekomendasi SAKIP se tahun yang lalu.

Berdasarkan laporan dari tim, ungkapnya, tahun ini sudah menunjukkan perbaikan-perbaikan yang cukup siginafikan. “Tentunya yang paling berhak mengevaluasi dan menilai sejauh mana progres ini, adalah Tim Evaluator dari Kemenpan RB,” ujarnya.

Berita Lainnya

Bupati HSS Siap Dukung dan Fasilitasi Kegiatan PCNU

Bupati Pimpin Rakor Lingkup Setda Kabupaten HSS

1 dari 287
Loading...

Bupati HSS Achmad Fikry mengaku bersyukur dan menyampaikan terimakasih, kepada Kemenpan RB yang mengevaluasi kinerja Pemkab HSS. “Kami juga berterima kasih kepada Kemenpan RB, yang selama ini terus memberikan support, dorongan dan motivasi kepada Pemkab HSS agar secara pasti dapat melangkah ke arah yang lebih baik,” tambahnya.

Bupati Achmad Fikry berharap, melalui kegiatan evaluasi SAKIP itu tidak sekedar penilaian. Tetapi juga pihaknya harapkan, kembali mendapatkan saran dan masukkan untuk menyempurnakan SAKIP, serta bahan pengambilan kebijakan di masa mendatang.

Selanjutnya untuk mengawali evaluasi itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten HSS M Arliyan Syahrial memaparkan perkembangan penerapan SAKIP di Kabupaten HSS. Pemaparan itu, didengarkan Tim Evaluator Kemenpan RB, yang diketuai oleh Aan Syaiful Ambiya bersama Dwi Slamet Riyadi.

Pemaparan terbagi dalam 4 komponen, mulai dari tindak lanjut, progres perbaikan, dan perubahan strategi atas pelaksanaan program kegiatan akibat adanya pandemi Covid-19, serta Cascading Kinerja untuk Crosscutting program kegiatan baik yang ada di pohon kinerja Pemkab HSS maupun yang ada di SOPD.

Pada sesi diskusi, Ketua Tim Evaluator Kemenpan RB Aan Syaiful Ambiya memuji pencapaian Pemkab HSS yang sangat baik pada Penilaian SAKIP sebelumnya. Tahun lalu terangnya, Pemkab HSS sudah mendapatkan predikat yang sudah tinggi, dengan predikat BB dengan angka 76, 23.

Menurutnya Pemkab HSS merupakan Pemerintah yang akuntabel menurut versi Kemenpan RB karena indeks kinerjanya sudah B ke atas. “Serta Alhamdulillah, Pemkab HSS juga memenuhi kategori untuk mendapatkan dana insentif daerah,” pungkasnya. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya