Bayi Kembar Siam Lahir Di RSUD Amuntai Kondisi Stabil

dr DEWI - Spesialis anak RSUD Amuntai yang memberikan penanganan bayi kembar siam. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Bayi kembar siam dengan jenis kelamin perempuan lahir di Rumah Sakit Umum (RDUD) Pembalah Batung Amuntai dalam kondisi sehat.

Bayi yang diketahui pasangan suami isteri warga Desa Kaludan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dibawa ke RSUD pada Selasa (6/10/2020) lalu dan melahirkan sekitar pukul 21:00.

Dokter spesialis anak RSUD PB Amuntai dr I. Dewi Yunianti, Sp selaku dokter yang memberikan penanganan kepada bayi tersebut mengungkapkan kalau bayi tersebut dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah saat ini kondisi bayi sehat. begitu pula ibunya juga sehat”, ungkapnya saat ditemui Rabu 7/10/2020.

Dewi menjelaskan kondisi dempetnya bayi tersebut pada area pantat yang diperkirakan sekitar 28 persen.

Berita Lainnya
1 dari 228

Menurut Dewi bayi kembar siam jenis kelamin perempuan yang dilahirkan oleh ibu yang usianya kurang lebih 28 tahun ini juga tergolong jarang terjadi dengan bisa melahirkan secara normal. Tanpa operasi.

“Mungkin ini jarang terjadi. Jadi saat di bawa ke rumah sakit kondisi ibunya sudah pembukaan. dan tidak lama keluar bayinya”, tutur dewi.

Selanjut diberikan perawatan dan penanganan kepada bayi dan ibunya. dan berdasarkan hasil rapat tim dokter RSUD Amuntai, dengan berbagai pertimbangan bayi tersebut dirujuk pada hari Rabu (7/10) ke RSUD Ulin Banjarmasin untuk dilakukan tindakan medis selanjutnya.

“Kita sudah lakukan rapat dengan tim dokter disini dan juga koordinasi dengan pihak RSUD Ulin Banjarmasin untuk memberikan tindakan medis terhadap bayinya”, terang Dewi.

Dewi menambahkan Pihak RSUD Pambalah Batung Amuntai dalam hal ini team Bayi kembar siam ini segera melalukan kordinasi dalam hal penatalaksanaan kasus langka ini, dan mendapatkan respon yang sangat baik dari RS Rujukan tersier yaitu RS ULin sebagai RS rujukan seKalsel,

“Dengan sigap pihak Neonatologi RS Ulin membentuk Team dan mengkornidasikan penerimaan dan langkah selanjutnya untuk penatalakasanaan bayi tersebut secara komprehensif, sehingga proses rujukan dapat dilakukan dengam cepat”, tambah dr Dewi. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya