Ditengah Pandemi Covid-19, PAD Tanah Laut Masih Stabil

Pelaihari, KP – Ditengah mewabahnya Covid-19 yang mengakibatkan terhambatnya aktivitas ekonomi, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tanah Laut (Tala) hingga triwulan ke III tahun 2020 masih relatif stabil.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tala Surya Aripani, pada kegiatan Rapat Kerja Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Triwulan III tahun 2020 Lingkup Pemkab Tala, di Ruang Barakat, Kantor Sekretariat Daerah Tala, Kamis (22/10/2020).

Surya juga menyampaikan capaian PAD Tala hingga saat ini mencapai 86 persen atau setara Rp. 129.377.213.414,33 dari target PAD pada tahun 2020 yang ditentukan Pemkab Tala setelah terjadi refocusing anggaran.

Capaian sebesar itu dinilai menguntungkan dan sangat baik, ditengah kondisi Tala yang masih dihadapkan dengan persoalan pandemi virus corona.

Kepala Bapenda Tala juga mengutarakan bahwa kini pihaknya memberikan kemudahan dalam pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) yang bisa dibayarkan secara online, “Bisa melalui Bank Kalsel, PT Pos Indonesia, Alfamart dan Indomaret,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 268

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya akan menggali berbagai potensi pendapatan diantaranya pajak parkir untuk gerai usaha retail perdagangan.

Sementara itu Bupati Tala HM Sukamta mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat bersyukur karena ditengah pandemi virus corona ini PAD Kabupaten Tala masih terbilang aman, “Ini suatu keberkahan, di kabupaten/kota se-Indonesia rata-rata PAD mereka jatuh dan terjun bebas, alhamdulillah kita masih aman. Itu artinya kebijakan kita ditengah pandemi ini sudah berada dijalan yang benar dan lurus,”jelasnya.

Sukamta juga memberikan peringatan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemkab Tala agar segera melakukan percepatan realisasi anggaran.

“Saya gemetar saat ada penambahan anggaran kemarin diketok di DPRD, waktu kita kurang lebih 50 hari efektif kerja anggaran itu harus kita realisasikan secepatnya dan sebaik-baiknya, jika asal-asalan maka akan tersangkut masalah hukum,” tegasnya.

Rapat Kerja Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Triwulan III tahun 2020 Lingkup Pemkab Tala tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tala Andris Evony, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Tala Muhammad Darmin, Asisten dan Staf Ahli Lingkup Setda Tala dan Kepala Bagian Lingkup Setda Tala.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh seluruh SKPD, camat dan lurah se-Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya