Gerakan Sejuta Masker Terwujud

Tanjung, KP – Upaya pemerintah dalam mencegah sebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) khususnya di Kabupaten Tabalong terus dilakukan, di antaranya dengan program sejuta masker yang hingga saat ini telah terkumpul sejuta lebih masker.

Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, yang juga selaku ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tabalong memimpin langsung pencanangan gerakan sejuta masker oleh Bupati Tabalong dengan melibatkan beberapa instasi dan perusahaan setempat.

“Sampai hari ini sudah 1,1 juta lebih yang terkumpul,” ungkap Anang Syakhfiani di hadapan Tim Task Force Kemenkes RI Percepatan Penurunan Kasus Covid-19 Wilayah Kalsel belum lama tadi.

Berita Lainnya
1 dari 183

“Sampai bulan Nopember 2020 nanti akan terkumpul 1,5 juta masker yang akan dibagikan percuma kepada seluruh warga Tabalong. Penduduk kami jumlahnya 250 ribu jiwa berarti satu warga mendapatkan enam masker” jelas Anang.

Selain mencanangkan gerakan sejuta masker, Bupati juga memaparkan bagimana pihaknya juga meningkatkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 26 tentang penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan. “Perbup nomor 26 ini sedang kita proses untuk ditingkatkan menjadi Peraturan Daerah,” ujarnya terkait Perbub yang penegakannya dilakukan dengan memberikan sanksi pulang beli masker bagi pelanggar disiplin protokol kesehatan tersebut.

Direncanakan saat kedatangan Mendagri pihak Pemkab Tabalong akan mencanangkan Gerakan Sejuta Masker yang ditujukan untuk mengurangi adanya persebaran Covid-19. Di acara tersebut peran lurah dan kepala desa sangat diharapkan untuk membagi masker tersebut ke masyarakat. Ini dilakukan karena masing-masing kelurahan dan desa akan menjadi sasaran untuk mobil pembawa masker, dan nantinya akan diadakan secara simbolis pelepasan mobil yang membawa masker tersebut untuk dibagikan ke masyarakat.

Adapun pengumpulan 1 juta masker, pemerintah bekerjasama dengan pihak perusahaan dalam penyediaan kain, serta pemerintah juga menggunakan jasa penjahit lokal untuk pembuatan masker tersebut dan membantu perekonomian masyarakat.

Gerakan Satu Juta Masker ini tindak lanjut dari Peraturan Bupati (Perbup) Tabalong Nomor 26 Tahun 2020, tentang pedoman penerapan protokol kesehatan dalam rangka tatanan masyarakat yang aman dan produktif. Selain melakukan sosialisasi juga telah dilakukan pendistribusian masker kepada seluruh warga Bumi Sarabakawa. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya