Apel Gelar Pasukan Operasi Kontinjensi

Marabahan, KP – Polres Barito Kuala menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kesiapsiagaan Operasi Kontinjensi (kewaspadaan) Bencana Alam baik banjir, puting beliung, dan tanah longsor.

Apel yang berlangsung di Mapolres Batola ini dipimpin Wakil Bupati (Wabup) H Rahmadian Noor didampingi Kapolres AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif SIK MH dan Dandim 1005 Marabahan Letkol Arm Ari Priyudono.

Pada apel yang melibatkan berbagai satuan keamanan dan unsur terkait ini juga dirangkai peninjauan pasukan dan kelengkapan peralatan termasuk penjabaran skenario yang dipersiapkan jika terjadi bencana. 

Wabup Rahmadian Noor menyampaikan apresiasinya kepada Polres dan Kodim 1005 beserta jajaran serta seluruh komponen masyarakat yang turut berpartisipasi dalam upaya mengantisipasi terjadinya bencana di daerahnya.

Rahmadi (panggilan akrab Rahmadian Noor) mengatakan, seluruh pihak harus selalu siap siaga dalam mengantisipasi berbagai bencana melalui pengorganisasian serta langkah yang tepat agar lebih berdaya guna.

Berita Lainnya
1 dari 193

Ia menilai, kondisi cuaca saat ini yang rawan bencana alam harus diantisipasi sedini mungkin dan sebaik-baiknya dari satuan tanggap bencana di seluruh wilayah Batola agar segala jenis bencana dapat diwaspadai bahkan jika mungkin dicegah dan dihindari.

Wabup yang juga Ketua PMI Batola menyatakan, semua pihak harus mengenali gejala ancaman bencana yang mungkin akan terjadi agar dapat mempersiapkan strategi penanganan yang tepat.

Selain itu, yang juga harus diketahui, lanjutnya, permasalahan yang ditimbulkan dengan harapan dapat dicari jalan keluar serta solusi yang tepat.

“Kita telah banyak melihat dan belajar dari berbagai kejadian bencana banjir dan puting beliung yang kerap terjadi. Saya berharap apel gelar pasukan ini selain menunjukan besarnya perhatian dan kesiapan juga sebagai bentuk kebersamaan seluruh lapisan dalam upaya mengantisipasi penanggulangan,” harap wabup.

Rahmadi juga berharap adanya perhatian masyarakat untuk turut membantu mewaspadai munculnya bencana sehingga dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan.

“Mari bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terutama bencana banjir dan puting beliung agar bisa menghindari dampak resiko seupaya mungkin,” ajak wabup. (ang/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya