Bupati HSS Panen Melon di Kebun PKK

Kandangan, KP – Buah-buahan hasil tanaman di Kebun PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), di Jalan Mawar Kandangan kini sudah bisa dipanen.

Bupati HSS Achmad Fikry, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Isnaniah dan Wakil I Ketua TP PKK Kabupaten HSS Srie Astuti, melakukan panen perdana, Senin (16/11/2020). Terutama panen buah melon. 

Di Kebun PKK itu, ditanami sekitar 100 bibit melon, 50 tanaman jagung, 30 pohon pepaya dan berbagai jenis tanaman obat keluarga (Toga). 

Ketua TP PKK Kabupaten HSS, Isnaniah mengatakan, perkebunan itu merupakan hasil kerjasama dengan dinas terkait di Kabupaten HSS. Yakni Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan. 

Adanya kebun itu terangnya, bertujuan memberikan contoh pentingnya penempatan lahan untuk rumah tangga. “Ini bisa menjadi contoh kepada masyarakat, dalam pemanfaatan lahan pekarangan,” ujarnya. 

Berita Lainnya
1 dari 349

Bupati HSS Achmad Fikry mengaku bersyukur, bisa melakukan panen buah di kebun PKK tersebut, dan hasilnya memuaskan. 

“Harapannya, dapat menjadi contoh bagi masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam mengelola lahan untuk berkebun,” tutur Bupati HSS Achmad Fikry, saat panen tersebut. 

Dijelaskan Achmad Fikry, tiap tahun PKK mengadakan lomba kebun. Namun, saat pandemi Covid-19 sekarang ini, tidak kita laksanakan. Akan tetapi terangnya, kebunnya tetap dipelihara.

“Hari ini kita melihat kebun PKK, ternyata sekarang sudah berbuah setelah dua bulan ditanam,” ucap Bupati Achmad Fikry. 

Ia mengatakan, setelah dilakukan panen itu, akan dilakukan evaluasi apa saja yang perlu diperbaiki ke depan. Sehingga bisa menjadi contoh untuk masyarakat yang ingin berkebun.

Selain panen tanaman, Bupati juga melakukan tabur benih ikan nila. Sebanyak 600 ekor benih ikan nila ditabur, ke 2 buah kolam bioflok yang siapkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten HSS. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya