Kanal Desa Rintisan Cegah Banjir dan Transportasi Alternatif

Berita Lainnya

Bupati Wahid Hadiri Rapat Pokja APKSI

1 dari 244

Amuntai, KP – Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK meninjau langsung pengerukan alur kanal sungai di Desa Rintisan, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kamis.
Pengerukan alur sungai tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat setempat pada waktu reses beberapa lalu, yang sudah ditindaklanjuti untuk mencegah banjir di kawasan tersebut.
“Kanal ini untuk mencegah banjir di kawasan Hulu Sungai Utara sekaligus menjadi transportasi alternatif warga,” kata Supian HK, saat melaksanakan reses di Desa Rintisan.
Apalagi proyek pengerukan alur sepanjang 30 kilometer tersebut, sudah terealisasi 50 persen atau sekitar 15 kilometer. Rencananya, akan dibangun jalan penyambung antar Desa Danau Panggang dan Desa Paminggir pada tahun 2021.
“Alhamdulillah, sudah terealisasi 50 persen,” ujar politisi Partai Golkar ini.
Supian HK mengungkapkan, pengerukan alur sungai ini merupakan permintaan masyarakat pada reses enam bulan sebelumnya, agar dibangun kanal untuk mengatasi banjir.
Selain itu, kanal tersebut bisa menjadi jalur alternatif transportasi sungai dari Desa Danau Panggang dan Desa Paminggir menuju Sungai Barito.
Supian menambahkan, kendati tidak tinggal di HSU, namun sebagai penduduk asli yang lahir dan dibesarkan di hulu sungai, maka bertekad agar pembangunan di HSU tidak tertinggal.
“Seperti pembangunan jalur Tampakan-Pal Batu sejak zaman Belanda dan selama 64 tahun dirinya hidup belum pernah dikeruk, sekarang sudah dikeruk,” jelasnya.
Salah seorang warga, H Akhmad mengungkapkan terima kasih dengan direalisasikannya aspirasi maupun keinginan masyarakat akan jalur transportasi alternatif yang juga diharapkan mencegah terjadinya musibah banjir.
“Kita bangga dengan direalisasikannya pengerukan alur ini untuk menghindari banjir,” katanya. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya