Melalui Duta Baca Dispersip Promosikan Literasi

Banjarmasin, KP – Kegemaran membaca merupakan aktivitas yang mudah dan dapat dilalukan oleh setiap orang. Namun aktivitas ini kurang mendapat perhatian, bahkan terkadang terasa berat bagi yang belum terbiasa. Padahal, begitu banyak manfaat membaca, terlebih membaca buku dan budaya gemar membaca, merupakan salah satu ciri kemajuan sebuah negara.

Untuk itu, di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, Duta Baca Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2019 dan 2020, Rachmi Nafissa, tetap mempromosikan Gerakan Literasi, salah satunya kepada para pemustaka di Perpustakaan Umum Palnam, yang difasilitasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel, bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Puluhan pemustaka yang datang untuk meminjam dan membaca buku, diminta meluangkan waktu untuk diajak meningkatkan minat baca, serta memanfaatkan fasiltas yang disediakan pemerintah, baik ke perpustakaan langsung atau melalui aplikasi seperti iPusnas dan iKalsel, yang dapat diakses melalui daring.

Berita Lainnya
1 dari 1.859

Kegiatan yang digagas Perpusnas RI ini, disambut antusias Dispersip Kalsel, karena sejalan dengan salah satu misi Pemerintah Kalsel untuk mencerdaskan masyarakat.

“Merupakan bentuk komitmen Dispersip Kalsel, yang giat menggalakkan gerakan literasi dengan berbagai upaya dan programnya. Walau di masa pandemi, kita tidak berhenti,” papar Wildan Akhyar, Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan, saat menyampaikan sambutan Kepala Dispersip Kalsel, Hj.Nurlinani, dalam kegiatan “Gerakan Literasi Duta Baca Kalsel dengan Pemustaka”, Jumat (06/11/2020).

Selain mengajak para pemustaka untuk giat membaca buku, Duta baca Kalsel ini juga mengajak para pemustaka untuk menyebarkan “virus” literasi kepada generasi milenial dan masyarakat pada umumnya, hingga berbagi kiat agar dapat menyukai kegiatan membaca buku.

“Jangan sia-siakan fasilitas yang disediakan pemerintah, baik langsung atau daring. Apalagi di era kemajuan teknologi ini, jangan sampai tertinggal dan terlena dengan media sosial, maka harus suka membaca, apalagi generasi milenial adalah calon penerus bangsa,” papar Echa, sapaan akrab Duta Baca kalsel saat memberikan paparan. (Fin/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya