Panen Jagung Hibrida dan Gerakan Percepatan Tanam Padi Surung di Desa Tandui

Rantau – Wakil Bupati Tapin H Syafrudin NoorbersamaKapolres Tapin AKBP Pipit Subiyabto, Dandim 1010 Rantau Letkol Inf Andi Sinrang, Kepala Dinas Pertanian Tapin Wagimin dan Perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatanlakukan panen jagung hibrida di lahan seluas 65 hektar di Kelompok Tani Bina Karya Desa Tandui Kecamatan Tapin Selatan, belum lama tadi.

Usai melakukan panen dilakukan kembali tanam padi surung, percepatan tanam padi dengan sistem tugal dilahan bekas tanaman jagung yang sudah dipanen dilakukan secara bersama-sama dengan kelompok tani setempat.

“Alhamdulillah kita panen raya jagung hibrida seluas 65 hektare di Kelompok Tani Bina Karya Desa Tandui Kecamatan Tapin Selatan,” ucap Wakil Bupati Tapin.

Pembudidayaan tananaman jagung hibrida ini mendukung program penerintah dalam ketahanan pangan, terlebih lagi Tapin ditetapkan sebagai penyangga pangan nasional.

Selanjutnya untuk pemasaran juga dimudahkan, karena pembeli datang langsung ke tempat lokasi tanaman jagun hibrida, langsung mendapatkan hasilnya.

Pemerintah Kab Tapin sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bapak Gazali di Poktan Bina Karya Desa Tandui yang telah membudidayakan tanaman jagung hibrida, berharap petani-petani lainnya dapat mengikuti yang sudah dilakukan Bapak Gajali yang sukses membudayakan jagung hibrda.

Berita Lainnya

Lensa Foto Tapin

1 dari 176

“Mudah-mudahan petani di Tapin dapat mengembangkan jagung hibrida selain tanaman lainnya,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Tapin Wagimin mengatakan, luas panen jagung hibrida dilahan seluas 65 hektar untuk di Desa Tandui Kecamatan Tapin Selatan.

“Berdasarkan hasil ubinan rata rata per hektar 10.3 Ton Per Hektar, “ujarnya.

Sementara proses pasar langsung dikirim ke pabrik pakan ternak compeed Kabupaten Tanah laut.

Ditambahkan wagimin untuk budidaya jagung se Kabupaten Tapin seluas 1.130 hektare tersebar di 8 (delapan) kecamatan dan dibantu bibit benih jagung sebanyak 16.9 ton berasal dari Kementerian Pertanian RI.

Data dinas pertanian per september 2020 budidaya jagung untuk realisasi tanamseluas 1.036 hektar dari sasaran 1.882 hektar kemudian realisasi panen seluas 225 hektar dari sasaran 1.810 hektar. (ari/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya