Sabtu, KPU Mulai Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pakai ‘Si Rekap’

Banjarmasin, KP – Guna memantapkan proses Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung di Kota Banjarmasin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin akan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara.

Komisioner KPU Banjarmasin, M Syafrudin Akbar mengatakan, simulasi tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 November 2020.

“Nanti kita gelar di TPS 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara. Tepatnya di halaman Gedung Sultan Suriansyah, kawasan Kayu Tangi,” ucapnya pada Kalimantan Post di ruang kerjanya, Kamis (19/11) siang.

Ia menjelaskan, simulasi tersebut akan diikuti sebanyak 250 orang yang akan menjadi pemilih. Menurutnya, seluruh jumlah pemilih itu merupakan seluruh petugas KPPS yang sudah menjalani pemeriksaan rapid test.

“Petugas dan pemilih yang ikut dalam simulasi ini memang anggota real dari petugas KPPS yang sebelumnya sudah di rapid tets,” sambungnya.

Ia menrangkan, tujuan dari dilakukannya simulasi adalah untuk mengetahui formula yang tepat dalam pembagian waktu saat pemungutan sampai dengan penghitungan hasil surat suara di TPS dengan menggunakan aplikasi ‘Si Rekap’.

Berita Lainnya
1 dari 230

“Dari sini kita akan mengetahui apakah dengan waktu yang disediakan bisa terselesaikan dengan benar atau tidak dengan maksmal pemilih 500 orang,” jelasnya.

Menurut pria dengan sapaan Akbar itu, kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini tengah mewabah di Kalimantan Selatan khususnya Kota Banjarmasin memaksa masuarakat menghadapi pemilu dengan mewajibkan pengmerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita berharap dengan memakai aplikasi Si Rekap saat simulasi nanti bisa memudahkan para petugas TPS untuk memasukkan hasil pemungutan suara,” ujarnya

Disamping itu, ia mengakui, meski memakai aplikasi Si Rekap, petugas KPPS juga tetap menghitung secara manual terlebih dahulu. Namun setelah selesai hasilnya akan dimasukkan ke dalam aplikasi.

“Jadi aplikasi Si Rekap ini akan menampung seluruh hasil pemungutan suara di seluruh Kota Banjarmasin. Nanti akan dikirim ke servernya ke KPU RI dan hasilnya akan terlihat di sana dalam satu hari. Siapa yang unggul dalam Pilkada serentak kali ini,” paparnya.

Kendati penggunaan Si Rekap secara resmi akan dilakukan pada Pemilu 2024 nanti, akbar menambahkan, bahwa pihaknya tetap akan menggelar simulasi dengan menggunakan aplikasi penghitungan suara tersebut.

“Jadi ita bisa melihat keakuratan Si Rekap dan pemaksimalan durasi waktu yang sudah disiapkan. Apakah bisa pelaksanaannya memang sampai malam atau cuma sampai sore saja,” pungkasnya.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya