Bawaslu HSS Koordinasi Tertibkan APK di Masa Tenang Kampanye Pilgub

Kandangan, KP – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) akan melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK), jika masih terpajang di masa tenang pemilihan kepala daerah (Pilkada) gubernur dan wakil gubernur.

Dilakukan rapat Kelompok Kerja (Pokja) Kampanye dan Penertiban Alat Peraga Kampanye, Selasa (1/12/2020) siang. Hal itu dalam rangka persiapan berakhirnya tahapan kampanye.

Tahapan kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada), akan berakhir Sabtu (5/12/2020) pukul 23.59. Masa tenang pada Minggu (6/12/2020) pukul 00.00.

Komisioner Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu HSS, Padilaturrahman menjelaskan, penertiban APK di tingkat Kabupaten akan dilakukan di sepanjang jalan utama, sampai perbatasan Kabupaten Tapin dan HST.

Penertiban akan mengerahkan petugas dan alat dari Dispera KPLH Kabupaten HSS. Sebab jika adanya kemungkinan APK yang berada di tempat sulit dilepas, seperti baliho dan sebagainya.

Lalu, petugas Satpol PP, Kodim 1003 Kandangan dan Polres HSS yang akan membantu dalam pengamanannya.

Berita Lainnya
1 dari 390

Sedangkan di tingkat kecamatan, Panwascam akan berkoordinasi dengan PPK, TNI, Polri, maupun Satpol PP Kecamatan.

Ia berujar, karena Kabupaten HSS hanya mengikuti Pilkada gubernur dan wakil gubernur, sehingga kemungkinan APK yang ditertibkan tidak akan banyak.

“Namun tidak menutup kemungkinan masih ada APK yang tertinggal, sehingga dilakukan penertiban itu,” ucapnya.

Komisioner Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu HSS, Masridah badwie menyebutkan, pada pekan ke-9 pengawasan yang pihaknya lakukan terpantau total sebanyak 675 APK, yang tersebar di seluruh kecamatan.

Dijelaskannya , pada Kamis (3/12) besok pihaknya akan menyurati tim pemenangan Paslon yang berada di Kabupaten HSS.

Surat tersebut yakni berupa imbauan, untuk menurunkan sendiri APK yang terpasang di wilayah Kabupaten HSS. Juga imbauan terkait larangan kampanye di masa tenang, serta larangan melakukan praktek politik uang.

Diharapkan, pemilik yang menurunkan APK nya sendiri. Jika masih ada APK yang masih terpasang di masa tenang, maka akan ditertibkan. (tor/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya