BPBD Minta Waspada Musim Hujan

Paringin, KP – Menerima laporan dari masyarakat jika ada terjadi tanah amblas (longsor), yang mengerus jalan Tabuan – Uren di Kecamatan Halong, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan langsung mencek ke lokasi, Rabu (02/12) kemarin.

Plt Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, Muhammad Syuhada mengatakan, Kesiapan Kedaruratan BPBD untuk kerusakan atau longsor cukup berat dan hampir menghabiskan badan jalan.

Sehingga untuk sementara, kata Syuhada, akses jalan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

“Kita sudah koordinasikan ke pihak terkait lainnya, soal perbaikan nantinya menjadi wewenang SKPD yang bersangkutan,” bebernya.

Berita Lainnya
1 dari 388

Terlepas dari itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap terjadinya musibah, terlebih musim hujan.

Masih menurut Syuhada, menghadapi kebencanaan di tahun 2020 BPBD Balangan telah melakukan berbagai persiapan, di antaranya melaksanakan sosialisasi kebencanaan bersama pemangku kepentingan yang terkait.

Kemudian juga telah melaksanakan apel kebencanaan bersama TNI-Polri dan instansi lainnya, serta menyebar sejumlah spanduk imbauan kepada masyarakat untuk waspada bencana.

“Apalagi prediksi kebencanaan sepertui musim hujan akan masih berlangsung hingga awal tahun depan, kami mengharapkan kerja sama kepada masyarakat, salah satunya menjaga lingkungan seperti jangan membuang sampah sembarangan, dan kita berharap kebencanaan di 2020 dapat diantisipasi sedini mungkin,” imbuhnya. (jun/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya