Pengembangan Produk Umbi Maya Ciptakan Wirausaha di Balangan

Paringin, KP – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan melaksanakan ekspose laporan akhir sekaligus serah terima pinjam pakai alat pemotong dan pengering umbi maya, serta alat pembuat pupuk granule/pellet, di Halaman Kantor Balitbangda, Rabu (2/12/2020) kemarin.

Porang atau umbi maya yang su­dah cukup banyak di­bu­di­da­ya­kan oleh kalangan petani di Ka­bu­paten Balangan, cukup me­ng­un­tungkan dengan budi daya yang relatif mudah dan terjangkau.

Kepala Bidang Sosial, Ekonomi dan Pemerintahan Balitbangda Kabupaten Balangan, Riyadi N.G. Brata menyampaikan dengan kegiatan ini pembudidaya umbi maya akan mendapat pengetahuan dan produksi yang lebih banyak, sehingga alat sebagai percontohan dapat dikembangkan oleh instansi terkait.

“Kita harapkan nanti peralatan ini maupun teknik pengolahan menjadi tepung itu akan mendapat perhatian khusus bagi masyarakat,” ungkap dia.

Kepala Seksi Teknologi Industri Balai Riset Standarisasi (Baristand) Banjarbaru, Retri Yuli Lestari, mengatakan hal ini merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya. Sehingga untuk ditahun ini pihaknya lebih fokus pada pengembangan produk umbi maya.

Berita Lainnya
1 dari 386

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya alat pemotong dan pengering ini, mampu menambah nilai jual dan memperoleh harga yang lebih tinggi hingga dua kali lipat.

“Semoga bisa dikembangkan untuk produk-produk turunan umbi maya lainnya, sehingga Balangan bisa menjadi centra dari produk tersebut,” tutur dia.

Asosiasi Komunitas Porang Indonesia (Aspeporin) sekaligus mewakili kelompok tani porang Kabupaten Balangan, Joni Sulistianto, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima berupa alat pemotong dan pengering umbi maya ini.

“Tentunya ini sangat bermanfaat sekali bagi kawan-kawan petani porang di Balangan. Karena apa ini akan mendapatkan nilai tambah sampai 100 persen,” ucap dia.

Joni menambahkan, melalui mesin yang diberikan ini tentunya juga akan mendorong kawan petani tidak hanya sebagai petani saja tetapi sebagai wirausaha di desanya.

Joni juga mengajak seluruh kelompok tani porang untuk bekerja sama dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat, agar porang tidak hanya sebagai unggulan di desa saja, tetapi juga produk unggulan Kabupaten Balangan. (jun/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya