Dewan Inginkan Konstribusi Jasa Lingkungan

Banjarmasin, KP – Komisi III DPRD Kalsel menginginkan agar jasa lingkungan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Selain itu juga memberikan konstribusi pada pendapatan asli daerah (PAD),” kata Ketua Komisi III DPRD Kalsel, H Sahrujani kepada wartawan, Senin (28/12/2020), di Banjarmasin.

Untuk itu, pihaknya melakukan kunjungan kerja dalam daerah dalam rangka memperkaya materi perlindungan dan pengelolaan jasa lingkungan tersebut.

“Kita mengunjungi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai (HSS) dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST),” tambah politisi Partai Golkar.

Sahrujani mengungkapkan, pada kedua kabupaten tersebut untuk mengetahui bagaimana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, serta kemungkinan dalam memanfaatkan jasa lingkungan.

Berita Lainnya
1 dari 928

“Kita ingin menggali perlindungan dan pengelolaan lingkungan,” ujar Sahrujani.

Menurut Sahrujani, provinsinya dengan luas wilayah lebih kurang 37.000 kilometer persegi memiliki jasa lingkungan yang cukup potensial, kendati terkecil dari empat provinsi lainnya di Pulau Kalimantan.

“Namun jasa lingkungan tersebut belum terkelola atau termanfaatkan secara maksimal,” ungkap mantan Ketua DPRD Kabupaten HSU.

Padahal kalau pengelolaannya secara baik dan benar, serta pemanfaatannya maksimal bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Diharapkan, masing-masing kabupaten/kota di Kalsel bagaimana cara semaksimal mungkin melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup agar dari pengelolaan jasa lingkungan tersebut mendatangkan banyak nilai tambah bagi masyarakat,” kata Sahrujani.

DPRD Kalsel kini membahas Raperda Pengelolaan Jasa Lingkungan di Kalsel yang merupakan usul Komisi III. (lyn/K-1))

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya