Kodim Martapura Terjunkan 150 Personil Amankan Pilkada

Martapura, KP – Jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto memimpin apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pilkada, di halaman Makodim, Kamis (3/12).

Hadir Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo, Kajari setempat Hartadhi Christianto SH, Ketua KPU Muhaimin, Ketua Bawaslu Fajeri Tamjidillah serta perwakilan masing-masing pasangan calon.

Menurut Siswo, pengamanan Pilkada 2020 memiliki beberapa tujuan, diantaranya untuk melihat kesiapan pasukan, disamping itu juga memberi jaminan keamanan kepada masyarakat saat pelaksanaannya nanti.

”Ini bentuk nyata kami ikut berpartisipasi dalam pengamanan dan kelancaran pilkada, juga pertanggungjawaban dan dukungan moril kepada KPU dan Bawaslu guna menyukseskannya,” ucapnya.

Berita Lainnya
1 dari 580

Siswo juga berpesan agar para personil pengamanan, baik itu unsur TNI maupun kepolisian, tetap disiplin menegakkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu jaga netralitas serta melaksanakan tugas penuh tanggung jawab.

Ketua KPU Muhaimin menjelaskan, deklarasi damai ini dimaksudkan untuk komitmen bersama penyelenggara dan peserta demi kelancaran pilkada agar berlangsung tertib dan aman.

”Serta ada kepastian hukum agar tidak terjadi sengketa atau masalah di kemudian hari, mohon nantinya pasangan calon tidak mengumumkan dahulu statement kemenangan sebelum pengumuman resmi KPU,” harapnya.

Kodim Martapura sendiri menyiagakan 150 personil TNI serta 250 personil pasukan cadangan yang siap siaga di Kodim untuk menghindari terjadinya situasi tidak dikehendaki.

Diakhir apel, dilakukan penandatanganan deklarasi damai oleh pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Banjar yang diwakili ketua tim pemenangan masing-masing paslon. (Wan/K-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya