Layanan Dukcapil Masih Gunakan Sistem Daring

Banjarmasin, KP – Pandemi Covid-19 yang belum berakhir memaksa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin menggunakan sistem layanan dengan cara online atau daring.

Terpantau, pintu masuk utama kantor tersebut masih tertutup rapat, pintu itu dipenuhi dengan tulisan pemberitahuan pengalihan layanan secara daring.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin, Iwan Fitriadi mengatakan, masih diberlakukannya sistem layanan tersebut lantaran kondisi kasus Covid-19 di Kota Banjarmasin saat ini sedang mengalami peningkatan.

“Memang belum dilaksanakan pelayanan tatap muka, apalagi kondisi Covid-19 terakhir-terakhir ini mengalami peningkatan kasus,” ungkapnya saat ditemui awak media di ruang kerjanya.

Ia mengakui, bahwa lawyanan dengan sistem tersebut banyak dikeluhkan warga, khususnya yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) Akte Kelahiran dan berkas penting lainnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.988

Namun, pria dengan sapaan Iwan mengklaim pihaknya sudah melakukan upaya maksimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kalau terkait keluhan dan sebagainya memang barangkali ada satu, dua, tapi secara keseluruhan masyarakat merasa cukup puas,” imbuhnya.

Dari pantauan awak media. Meski kantor yang berlokasi di Jalan Sultan Adam, Kota Banjarmasin itu tidak memberikan layanan tatap muka, sejumlah warga terlihat tetap berdatangan untuk bisa membuat berkas-berkas penting terkait status kependudukannya di kota seribu sungai ini.

Disamping itu, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin itu menjelaskan, bahwa sepanjang tahun 2020 ini, pelayanan yang paling diminati oleh warga adalah pembuatan kartu E-KTP yang baru.

Selain itu juga pelayanan lainnya seperti, penerbitan kartu keluarga, surat pindah dan akte kelahiran.

“Permintaan memang lebih kepada pembuatan E-KTP, tetapi juga ada yang lain juga cukup banyak,” pungkasnya. (Zak/K-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya