Bank Indonesia Optimis Ekonomi Kalteng di Tahun 2021 Tumbuh Positif

Palangka Raya, KP Bank Indonesia Kalteng optimis tahun ini (2021) ekonomi daerah yang bergelar Bumi Isen Mulang mampu tumbuh positif, ungkap Kepala BI Perwakilan Kalteng Rihando, Senin (11/1).

Dalam siaran pers pihak BI, diakui kalau menengok ke belakang tahun 2020 lalu pada triwulan I, ekonomi Kalteng tumbuh mencapai 3,53 persen. Karena itu pihaknya juga optimis triwulan I 2021 juga mampu tumbuh, meski tidak sebut seberapa besarnya.

Namun diakui pada tiga triwulan berikutnya ekonomi Kalteng terhempas mencapai lebih dari -3,12 persen bersama ekonomi nasional dampak covid 19 sepang tahun yang belum berakhir hingga saat ini.

Berita Lainnya
1 dari 504

Mengapa pihaknya optimis ekonomi Kalteng di tahun ini bisa tumbuh, bila melihat pergerakan dari sisi belanja terus meningkat sejak triwulan ke III, karena adanya subsidi bantuan sosial dari Pemerintah.

Bank Indonesia menilai pergerakan orang melalui jasa penerbangan terbukti naik 19,46 persen dan laut naik 1,64 persen, kunjungan ke mall, apotek dan hunian hotel di akhir tahun lalu menunjukkan kenaikan.

Disamping itu kinerja eksport pertambangan dan hasil perkebunan sawit Kalteng juga meningkat pesat, mencapai sehingga memberi harapan, papar Rihando.

Yang mendorong optimisme pertumbuhan ekonomi Kalteng karena masuknya program food estate di Kalteng, investasi pemeruntah dan swasta, karena terjaganya stabilitas daerah pasca pilkada lalu yang berjalan lancar dan aman. (drt/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya