Daha Selatan HSS Mulai Tergenang, Diperkirakan Sampai Berbulan-bulan

Kandangan, KP – Kiriman air dari daerah lain ditambah curah hujan masih cukup tinggi, puluhan rumah warga dari 7 desa di Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mulai tergenang air.

Ketujuh desa itu yakni Desa Pihanin Raya, Bayanan, Baruh Jaya, Samuda, Tambangan, Banua Hanyar, dan Habirau.

Selain rumah, beberapa titik di ruas jalan wilayah Kecamatan Daha Selatan, juga tergenang air sekitar 10 sentimeter.

Wilayah Daha merupakan dataran rendah, air merupakan kiriman dari sungai di Sungai Tabalong, Amuntai, Barabai, hingga dari Sungai Amandit Kandangan. Ditambah curah hujan yang cukup tinggi.

Camat Daha Selatan Nafarin menjelaskan, ketinggian air sungai-sungai di wilayahnya mulai naik sejak Kamis (21/1/2021) pekan lalu.

Berita Lainnya
1 dari 531

Bahkan ungkapnya, sudah ada yang menggenang sampai masuk ke dalam rumah warga. “Sudah menggenang dengan kedalaman sekitar 10 sentimeter dari lantai rumah warga,” beber Camat Nafarin.

Di Kecamatan Daha Selatan ungkapnya, sudah 34 buah rumah tergenang air, dengan 38 kepala keluarga terdampak.

Nafarin menerangkan, saat ini baru awal-awal dari siklus air pasang. Sehingga ketinggian air, ia memperkirakan akan terus naik. Terlebih, wilayah Daha maupun di hulu sungai tiap hari diguyur hujan.

“Air tiap hari terus naik sekitar 2 sampai 3 sentimeter. Berdasarkan pengalaman masyarakat, diperkirakan terus naik,” ujarnya.

Nafarin mengungkapkan, kebiasaan jika terjadi air pasang di wilayah Daha akan berdurasi lama antara 2 sampai 3 bulan.

Mengantisipasi itu, masyarakat biasanya membuat titian kayu di atas lantai rumah masing-masing, agar kembali bisa beraktifitas dengan normal.

Pemkab HSS ungkapnya, melalui BPBD akan memberikan bantuan bagi warga untuk membuat titian di rumah warga terdampak tersebut. Selain itu, pihaknya sudah membagikan bantuan berupa bahan makanan pokok. (tor/KPO-01)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya