Jembatan Penting Penghubung Kabupaten Terputus Diterjang Banjir, Jalan Nasional Lumpuh

Berita Lainnya
1 dari 1.642

Martapura, KP – Hujan yang terus mengguyur bukan hanya merendam ribuan rumah warga, namun juga membuat infrastruktur penting pun mengalami kerusakan
Salah satunya ruas jalan nasional yang menghubungkan antar kabupaten/kota menjadi ”terputus” akibat banjir, setelah jembatan di Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar mengalami kerusakan, Kamis (14/9) pagi.
Dikonfirmasi, Sekdakab Banjar HM Hilman membenarkan kodisi obyektif tersebut. Namun menurutnya kerusakan terjadi bukan pada badan jembatan di Jalan A Yani Km 55.500 tersebut, namun hanya pada oprit jembatan.
”Jadi terputus karena oprit Jembatan Sungai Salim yang rusak tergerus air,” ungkapnya saat meninjau lokasi.
Hilman menegaskan, pihaknya berupaya untuk memulihkan kondisi jalan nasional penghubung kabupaten/kota ini, mengingat jadi akses utama dari Kota Banjarmasin menuju kawasan Hulu Sungai, seperti Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.
“Menyikapi ini, kami langsung koordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Banjarmasin untuk segera melakukan pemulihan dengan memasang sheet file di jalan, sehingga bisa dilintasi sementara,” tandasnya.
Ditambahkan Hilman, saat ini tindakan darurat penanganan terus dilakukan agar jalan nasional yang menjadi akses utama antar kabupaten/kota tersebut bisa terus dilintasi, terutama sebagai jalur evakuasi dan penyaluran logistik.
“Ada beberapa kendala, seperti trailler terjebak banjir di beberapa tempat, sehingga tidak bisa memobilisasi dari Gudang PU Projakal di Banjarbaru,’’ katanya.
Namun ini sudah bisa diatasi trailler milik Pemkab Banjar guna mengangkut material ke lokasi jembatan. (Wan/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya