Pemkab HSS Bantu Bioflok Berisi 2.000 Benih Nila untuk KWT

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) memberikan bantuan benih ikan kepada 9 Kelompok Wanita Tani (KWT), sebagai bentuk kepedulian bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Sembilan KWT tersebut yakni KWT Desa Tambingkar Kecamatan Kalumpang, Desa Wasah Hulu Kecamatan Simpur, Desa Lungau Kecamatan Kandangan, Desa Malilingin dan Jelatang Kecamatan Padang Batung, Desa Halunuk dan Hulu Banyu Kecamatan Loksado, serta Desa Hamak Utara Kecamatan Telaga Langsat.

Bupati HSS Achmad Fikry melakukan tebar benih ikan ke kolam bioflok KWT Al Hidayah, Dusun Pantai Langsat, Desa Hulu Banyu, Rabu (6/1/2020) siang. Juga dilakukan tebar benih ke kolam bioflok KWT Tani Cempaka Dusun Sindawak, Desa Hamak Utara.

KWT merupakan binaan Dinas Ketahanan Pangan, yang berjumlah 30 orang tiap kelompoknya. KWT ada yang mendapat bantuan tanam hidroponik, kolam ikan bioflok, serta ada yang mendapat keduanya.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, bantuan itu merupakan upaya pemerintah untuk berusaha memperhatikan masyarakatnya, terutama dalam penyediaan pangan.

Berita Lainnya
1 dari 445

Selain kolam bioflok yang dilakukan secara berkelompok, ia mengatakan budidaya ikan untuk perorangan juga bisa dilakukan dalam ember, yakni budidaya ikan lele.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS Akhmad Mawardi menjelaskan, pemerintah memberikan masing-masing 2 unit bioflok berdiameter 3 meter, yang berisi 2000 benih ikan nila. Bantun itu berasal dari dan insentif daerah (DID) tahap kedua.

Mawardi menjelaskan, ke depan pihaknya akan terus berkomunikasi dengan para KWT, untuk terus melakukan pendampingan, memberikan masukan, dan sebagainya.

“Kita akan membentuk grup WA, sehingga ada diskusi kalau ada kelompok yang memiliki hambatan, maka semua bisa memberikan sumbang saran, mudah-mudahan dengan cara ini karena lokasinya berjauhan sehingga diharapkan komunikasi ini selalu ada,” tuturnya.

Kegiatan itu turut dihadiri Wakapolres HSS Kompol Reinaldo, Kepala Dinas Perikanan Saidinoor, Kepala Dinas Perhubungan Tafrinsyah, Plt Kabag Protokol dan Kehumasan Salahuddin, Plt Camat Loksado Rudy AF, dan Camat Telaga Langsat Sar Ifansyah. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya