Setelah Penetapan
KPU Balangan Akan Kirim Usulan Pengesahan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih ke DPRD

Paringin, KP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balangan telah menetapkan secara resmi pasangan H Abdul Hadi dan H Supiani (HAS) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Balangan hasil Pilkada 2020. Dan KPU Balangan akan sesegeranya mengusulkan Pengesahan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih ke DPRD Balangan.

Diketahui, penetapan H Abdul Hadi dan H Supiani (HAS) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Balangan hasil Pilkada 2020 digelar dalam rapat pleno terbuka yang dilaksankan, Sabtu (23/01) kemarin di RM Arraudah Paringin dengan dihadiri paslon terpilih H Abdul Hadi dan H Supiani (HAS) bersama sejumlah timnya dan juga dihadiri sejumlah pejabat di lingkung Pemkab setempat, perwakilan Forkopimda dan undangan lainnya.

Komisioner KPU Balangan, Saripani disela penetapan  mengatakan bahwa penetapan paslon terpilih ini dilaksanakan setelah KPU Balangan menerima Surat Dinas KPU RI No. 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 tertanggal 20 Januari 2021 tentang Penetapan Calon terpilih Pilkada Serentak Tahun 2020.

“Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa KPU RI telah menerima Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi. Bagi daerah yang tidak tercatat dalam BRPK artinya tidak menghadapi sengketa hasil,” katanya.

Dia mengatakan, bagi daerah yang tidak menghadapi sengketa, dan Balangan salah satunya, maka paling lama lima hari setelah KPU menerima BRPK diperintahkan untuk melakukan penetapan calon terpilih.

Berita Lainnya
1 dari 414

Saripani mengatakan, pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Balangan 9 Desember 2020 lalu, pasangan calon (paslon) nomor urut 1 atas nama H Abdul Hadi – H Supiani (HAS) meraih suara terbanyak yakni 42.746 suara atau 61,5 persen.

Sedangkan paslon nomor urut 2 yang merupakan calon petahana atas nama  H Ansharuddin – M Nor Iswan (ANIS) hanya mendapat suara sebanyak 26,811 suara atau 38,5 persen.

Dikatakannya, setelah proses penetapan paslon terpilih Pilkada Balangan, tahapan berikutnya lembaganya akan mengirimkan pengusulan pengesahan pengangkatan calon terpilih kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan.

“Selanjutnya DPRD akan melaksanakan rapat paripurna untuk menindaklanjuti penetapan calon terpilih dan memproses ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Kalsel,” imbuhnya.

Mengutip berita Antara, H Abdul Hadi didampingi Supiani usai menghadiri rapat pleno terbuka mengajak seluruh masyarakat untuk bersinergitas membangun Balangan dan mengakhiri fase perbedaan pilihan politik yang sudah berlalu.

“Mari kita mulai hari ini dan kedepan dengan fase kerja bersama guna mewujudkan Kabupaten Balangan yang lebih maju dan sejahtera,” ajaknya. (jun/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya