Tak Hanya Salurkan Bantuan, KKB Gelar Aksi Bersih-bersih Masjid

Banjarmasin, KP – Puluhan relawan Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) kembali melakukan aksi sosial untuk menyalurkan bantuan dan obat-obatan bagi warga terdampak banjir.

Tak hanya itu, dikomando langsung Ketua Umum KKB Pusat, H Yuni abdi Nur Sulaiman, aksi kali ini dibarengi dengan aksi bersih-bersih dan menyedot genangan air di tempat ibadah yang terdampak banjir, Sabtu (23/1/2021).

“Alhamdulillah, hari ini KKB bisa menyerahkan lagi bantuan paket makanan dan obat-obatan untuk warga yang terdampak banjir. Insya Allah, ada lebih 1000 paket makanan dan obat-obatan yang kami salurkan. Selain itu, kami juga bergotong-royong melakukan aksi bersih-bersih masjid sekaligus menyerahkan
bantuan perlengkapan ibadah untuk beberapa masjid di Banjarmasin,” ujar H Yuni.

Agar lebih maksimal, KKB menggandeng Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) untuk melakukan penyedotan air yang masuk hingga ke dalam tempat ibadah, terutama masjid yang ‘calap’ oleh air pasang.

Semua kegiatan ini, lanjutnya, merupakan bentuk keprihatianan dan kepedulian KKB atas musibah banjir yang menyebabkan sebagian wilayah dan tempat ibadah di Banjarmasin tergenang air.

“Ada beberapa lokasi pemukiman warga dan tempat ibadah di Kota Banjarmasin yang akan kami sambangi untuk menyalurkan bantuan dan menjadi target aksi bersih bersih kita kali ini,” jelasnya.

Dikatakannya, di antara tempat ibadah tersebut, adalah Masjid At-Taqwa di Jalan A Yani Kilometer 4,5, Masjid Nurul Huda Kilometer 6, Masjid Al Faizun dan Langgar Al Munawwarah Komplek Rahayu Jalan Pramuka, Masjid Al Muhajirin Jalan Pramuka, Langgar Ashabul Maimanah dan Majelis Talim Bani Ismail di Jalan Banjar Indah Permai.

“Selanjutnya, kami juga akan membagikan bantuan ke warga di kawasan Jalan Handil Bakti. Informasinya, warga di sana masih ada yang belum pernah menerima bantuan,” imbuh H Yuni.

Diantara puluhan relawan yang sibuk bersih-bersih, tampak pula Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjarmasin, yakni Matnor Ali.
Ia sibuk mengumpulkan air yang menggenang ke dalam sebuah ember, kemudian dibuang ke bagian luar.

Berita Lainnya
1 dari 1.257

Matnor Ali menyampaikan, bahwa dirinya ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut karena memang tercatat sebagai anggota sekaligus pengurus KKB.

“Ini sebagai bentuk kepedulian KKB terhadap banjir yang melanda Banjarmasin. Ini kegiatan sosial yang kesekian kalinya, karena sebelumnya KKB juga sudah menyalurkan bantuan untuk warga yang terdampak banjir,” terangnya.

Sementara itu, M Bushairie Ahmad, pengurus Masjid At-Taqwa, sangat mengapresiasi kegiatan KKB yang telah melakukan penyedotan air dan membersihkan teras hingga ruang induk masjid.

“Alhamdulilah, aksi bersih-bersih KKB ini tentu sangat membantu kami, termasuk demi kenyamanan para jemaah yang ingin menunaikan salat,” ucapnya.

Menurutnya, dalam beberapa hari ini air masih saja merendam jalan di kawasan A Yani, Banjarmasin. Di beberapa titik, bahkan mencapai 50 sampai 60cm.

“Semoga yang dilakukan KKB ini bisa menjadi contoh bagi yang lain, agar masjid-masjid yang kebanjiran juga bisa disedot airnya. Saya harap, ada pihak-pihak lain yang dapat melakukan kegiatan seperti ini,” harapnya.

Usai membagikan bantuan, perlengkapan salat dan aksi bersih-bersih masjid, relawan KKB kemudian menuju Handil Bakti untuk kembali menyalurkan bantuan.

Di wilayah yang termasuk wilayah Kabupaten Batola ini, KKB menyalurkan bantuan Masjid Miftahul Jannah,
Komplek Persada Permai Baru 2,3 dan 4, yang juga menjadi posko banjir.

“Masyarakat dsini merasa terayomi sekali dengan adanya perhatian dan bantuan KKB. Disini airnya cukup tinggi, karena wilayah kita juga berbatasan dengan Desa Semangat Dalam. Kami ucapkan ribuan terimakasih untuk bantuannya. Semoga Allah membalas semua kebaikan ini,” tutur M Syarifudin, Ketua Masjid Miftahul Jannah.

Di titik selanjutnya, relawan KKB menyerahkan bantuan untuk warga Komplek Persada Raya 3 jalur 25. Di kawasan ini, terlihat air cukup tinggi merendam jalan hingga masuk ke rumah-rumah warga.

“Kami disini tak pernah menerima bantuan dari manapun, soalnya rumah kami agak jauh ke dalam. Kami tak bisa berbuat apa-apa dengan kondisi seperti ini. Alhamdulillah, hari ini dapat bantuan KKB,” kata Azril, warga setempat. (opq/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya