Iklan
Iklan
Iklan
Barito Kuala

Tersenyum Anak Pengidap Celbral Palsy Saat Dikunjungi Wabup

×

Tersenyum Anak Pengidap Celbral Palsy Saat Dikunjungi Wabup

Sebarkan artikel ini
WABUP BATOLA - H Rahmadian Noor, Rabu (06/01/2021) mengunjungi Munawarah (12), Anak perempuan penderita kelumpuhan otak (Celebral Palsy), yang beralamat di Desa Tabatan RT 02 Kecamatan Kuripan. (KP/Ist)

Marabahan, KP – Senyum sumringah terus menghiasi wajah Munawarah (12). Anak perempuan penderita kelumpuhan otak (Celebral Palsy) yang beralamat di Desa Tabatan RT 02 Kecamatan Kuripan ini terlihat bahagia saat mengetahui dirinya mendapat kunjungan Wakil Bupati Barito Kuala (Batola) H Rahmadian Noor, Rabu (06/01/2021).

Kedatangan Wabup didampingi Dandim 1005 Marabahan Letkol Arm Ari Priyudono SSos MTr (Han), beberapa pimpinan SKPD, dan perwakilan dari Dinas Kesehatan yang disambut Camat Kuripan Hamdi, Kades, dan pihak puskesmas ini sekaligus untuk memberikan bantuan.

Android

Di kesempatan kunjungan ini wabup menyerahkan bantuan sebesar Rp10 juta ditambah bantuan dari Dinas Kesehatan serta paket sembako dari Dandim.

“Kunjungan kami ini untuk mengetahui kondisi anak, sekaligus memberikan bantuan keperluannya sehari-hari. Nantinya kita minta dokter spesialis anak meninjau langsung dan diupayakan penanganan selanjutnya,” papar Rahmadian Noor.

Anak dari pasangan M Arbain dan Kana ini mengidap kelumpuhan sejak berusia sembilan bulan. Mengingat saat itu Munawarah sudah tak mampu menggerakkan anggota badan  seperti normalnya.

“Gejala awalnya deam tinggi yang mengarah ke meningitis, yaitu infeksi pada selaput otak yang mengakibatkan komplikasi dan berakibat Celebral Palsy,” papar Aprija Nazzai, dokter Puskesmas Kuripan.

Aprija menjelaskan, infeksi selaput otak jarang adanya, namun jika terjadi dapat bersifat fatal. Apalagi jika terlambat ditangani.

Ayah Munawarah, Arbain menerangkan, anaknya itu sempat diberi perawatan di RSUD Ulin Banjarmasin, namun keadaannya tidak mengalami perubahan signifikan.

Hingga kini Mona (panggilan Munawarah) masih tergeletak di kasur tipis beralas sarung di rumahnya. Kendati untuk berinteraksi dengan bahasa isyarat masih cukup baik, seperti mengangguk dan tersenyum.

Kedatangan Wabup Rahmadi bersama rombongan sendiri dalam rangka turut prihatin dan memberikan bantuan tahap awal. Ke depannya melalui kades setempat diarahkan untuk mengajukan ke Yayasan Peduli Batola yang dibina Bupati Hj Noormiliyani guna mendapatkan tindaklanjut pengobatan.

Baca Juga:  Batola Canangkan Sensus Penduduk Online 2020

Tawaran yang disampaikan wabup ini tentu mendapat respon positif dari ayah Mona, Arbain. Terlebih lelaki yang sehari-hari hanya bekerja di perkebunan sawit itu tergolong tidak mampu sehingga tidak bisa berbuat banyak untuk pengobatan anaknya. (ang/K-6)

Iklan
Iklan