Cegah Penyebaran Covid-19 di Pengungsian, Dinkes Tambah Petugas Contact Tracer

Banjarmasin, KP – Tingginya resiko penularan Covid-19 di lokasi pengungsian warga penyintas banjir di Kota Banjarmasin menjadi perhatian khusus bagi Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Pasalnya, jumlah pengungsi yang banyak tersebut mengakibatkan penerapan prinsip 4 M menjadi longgar. Khususnya dalam hal menjaga jarak.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Banjarmasin, Bandiah Ma’rifah mengaku bahwa pihaknya sudah menambah tenaga kesehatan dalam menangani resiko penyebaran virus Corona, khususnya yang ada di pengungsian.

“Kita sudah menambah Contact Tracer sebanyak 25 orang. Jadi sekarang berjumlah 89 yang akan mendata ke lapangan. Tentu dengan dua Data Manager,” ungkapnya saat ditemui awak media di ruang kerjanya.

Menurutnya, penambahan jumlah Contact Tracer tersebut merupakan langkah konkret yang diapresiasi oleh pemerintah pusat lantaran lantaran, Banjarmasin menjadi satu-satunya kota di Kalsel yang melakukan perekrutan petugas Contact Tracer sebanyak itu.

Berita Lainnya
1 dari 3.215

“Makanya sekarang rasio untuk 1 satu kasus terkonfirmasi berbanding dengan 9 kontak erat. Dan ini tertinggi se nasional,” jelasnya.

Kemudian, langkah selanjutnya yang tengah digembar-gemborkan oleh Dinkes adalah terkait vaksinasi terhadap Nakes.

“Vaksin bisa didapatkan setiap hari di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang terdaftar di Dinas Kesehatan. Sehingga tidak ada lagi antri atau terjadwal,” tukasnya.

Terkait risiko penularan yang terjadi di posko pengungsian warga penyintas banjir. Bandiah mengaku sudah menerjunkan seluruh Contact Tracer untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Seperti upaya mengedukasi dan promosi terkait penerapan protokol kesehatan agar mereka (para pengungsi banjir) bisa menerapkannya dengan disiplin,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga telah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sistem jemput bola. “Kita sudah melakukan kedua upaya tersebut dengan maksimal,” tandasnya. (zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya