Jangan Buang Masker Sembarangan

Jika membuang masker secara tidak benar atau disembarang tepat, dapat menjadi masalah kesehatan jika orang-orang menyentuhnya

BANJARMASIN, KP – Menggunakan masker telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi masyarakat di tengah masih mewabahnya pademi virus corona (Covid-19).

Berbicara tentang masker kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dr Machli Riyadi SH MH mengemukakan, ada yang bisa digunakan kembali dan ada hanya untuk sekali pakai.

Dalam sebuah kesepakatan ketika berada di kantor DPRD Kota Banjarmasin kepada {KP} belum ini ia menjelaskan , untuk masker yang bisa digunakan kembali masyarakat harus tahu apa yang harus dilakukan setelah memakainya, yaitu mencuci bersih dengan sabun dan dijemur sebelum digunakan lagi.

Lantas bagaimana dengan masker sekali pakai Machli Riyadi mengingatkan, jangan sekali- kali membuangnya sembarangan.

Berita Lainnya
1 dari 1.229

Menurutnya, meskipun masker berfungsi sebagai alat pelindung terhadap terhadap masuk virus corona, namun penutup mulut hingga sampai hidung itu dapat menjadi bahaya jika tidak dibuang dengan benar.

Machli menyebutkan, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa virus corona dapat bertahan berjam-jam di udara dan hingga berhari-hari di permukaan.

” Karenanya jangan buang masker secara tidak benar atau disembarang tepat, sebab dapat menjadi masalah kesehatan jika orang-orang menyentuhnya. Bahkan bisa membayakan terhadap lingkungan,” katanya mengingatkan.

Lebih jauh ia mengakui, bahwa ditengah mewabahnya virus corona bukan hanya limbah masker yang menjadi persoalan, tapi juga seperti alat pelindung atau baju {hazmat}, jarum suntik serta bekas sarung tangan.

Untuk itu kata Machli Riyadi, masyarakat perlu mengetahui dan menerapkan dengan disiplin tata cara pengelolaan limbah Covid-19 khususnya masker sekali pakai.

Dijelaskannya, sebelum masker sekali pakai dibuang ditempat tertutup atau tempat pembuangan sementara (TPS) sebelumnya akhirnya diangkut petugas kebersihan haruslah terlebih dahulu disenfeksi dengan klorin atau dicuci dengan sabun serta digunting atau dipotong kemudian dimasukkan dalam satu wadah tertutup. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya