Ketua PMI Kalsel Kembali Terjang Banjir Serahkan Bantuan

Berita Lainnya

Satgas Belum Rekomendasikan PTM

1 dari 3.201

Banjarmasin – Beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) hingga saat ini masih terendam banjir, dang masih banyak warganya yang harus tinggal di pengungsian serta masih pula memerlukan bantuan tidak hanya bahan makanan tetapi juga bantuan lain seperti alat kebersihan maupun obat-obatan.
Kondisi ini menggugah Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalsel, H.Gusti Iskandar Sukma Alamsyah untuk turun langsung ke lokasi bencana menyerahkan bantuan kepada warga serta melihat langsung kondisi korban banjir di lapangan.
Seperti pada hari Minggu (6/2/2021), Ketua PMI Kalsel bersama sejumlah pengurus dan para relawan turun langsung ke lokasi banjir di Kabupaten Banjar, tepat di Desa Dalam Pagar Ulu, Dalam Pagar Kamasan, Kecamatan Martapura Timur serta Desa Tangkas, Kecamatan Martapura Timur.
Ketua PMI Kalsel beserta sejumlah pengurus dan relawan rela berbasah-basah menerjang daerah yang masih di landa banjir dengan arus yang cukup deras, bahkan saat dalam perjalanan menuju Desa Dalam Pagar Ulu mobil yang ditumpangi sempat terperosok ke lubang yang cukup besar dan harus dibantu tenaga sejumlah relawan untuk menariknya.
Sebelumnya sejumlah pengurus dan relawan PMI Kalsel juga harus menerjang banjir untuk menyerahkan bantuan di Desa Lok Buntar, Kabupaten Banjar yang hanya bisa ditempuh dengan kendaraan air, karena akses jalan yang ada terputus diterjang banjir. Perjalanan dengan kendaraan air yaitu kelotok ini memakan waktu sekitar tiga jam dari Banjarmasin.
“Kami merasa terpanggil untuk turun langsung ke masyarakat yang tempat tinggalnya masih terendam air. Dan kondisi di lapangan memang sangat memprihatinkan,” ujar Gt.Iskandar disela penyerahan bantuan di Desa Dalam Pagar Ulu yang dipusatkan di Mesjid Tughfaturroqibin dan diterima oleh tetuha masyarakat dan para warga di daerah ini.
“Insya Allah, selain bantuan yang diserahkan hari ini, aka nada bantuan lainnya pasca banjir seperti air bersih, Kesehatan masyarakat,k dan lain-lain,” tambahnya.
Tetuha masyarakat Dalam Pagar Ulu, H.Sarwani didampingi H.Syauqi pada kesempatan itu menyampaikan penghargaan dan terimakasih atas bantuan yang disampaikan.
“Alhamdulillah, bantuan ini akan sangat membantu dan meringankan beban warga yang saat ini rumah-rumahnya masih terendam banjir dan Sebagian masih mengungsi ke tempat lain,” ujarnya.
Dari Dalam Pagar Ulu, rombongan Kembali menerjang banjir menuju Desa Dalam Pagar, Kampung Kamasan juga untuk menyerahkan bantuan. Selanjutnya ke Desa Tangkas, Kecamatan Martapura Barat.
Total bantuan yang diserahkan tidak kurang dari 750 paket yang terdiri dari alat kebersihan (cleaning kit),  Famili kit, bahan makanan, obat-obatan dan lain. Bantuan yang diserahkan ke masyarakat itu merupakan kumpulan dari berbagai pihak seperti PMI Pusat, UNICEF, serta donasi dari berbagai pihak yang dihimpun PMI Kalsel antara lain Jenggala Center, HMTG – MEBI, PMI Provinsi Kalteng, Alumni POPMASEPI serta masih banyak lagi donator lainnya.
Bantuan yang sudah disalurkan PMI Provinsi Kalsel jumlahnya sudah mencapai ribuan paket. Selain Kabupaten Banjar bantuan juga sudah didistribusikan ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Batola, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Balangan, kota Banjarbaru serta Sebagian Kota Banjarmasin.(Lia/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya