Penanganan Banjir, Basarnas Banjarmasin Audiensi ke Pemko Banjarbaru

Banjarbaru,KP- Pertemuan Basarnas Banjarmasin dengan Pemerintah Kota Banjarbaru guna membahas membahas penanganan bencana banjir yang terjadi pada Januari lalu.

Plh Wali Kota Banjarbaru Said Abdullah menjelaskan jika pertemuan tersebut tidak hanya membahas perihal penangan banjir juga dalam rangka silahturahmi, sekaligus mengenal sosok Kepala Basarnas Banjarmasin yang baru saja dilantik sebulan yang lalu.

“Kami berharap di backup oleh Basarnas dalam menghadapi bencana-bencana yang ada di Kota Banjarbaru,” ujar Said Abdullah.

Said Abdullah mengatakan jika bencana yang rutin terjadi setiap tahun di kota Banjarbaru, seperti banjir, terendamnya rumah warga, termasuk angin puting beliung di kawasan tertentu, dan kebakaran lahan di kawasan bandara sudah diantisipasi dimana selalu rutin diadakan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Berita Lainnya
1 dari 633

“Oleh karena itu Kota Banjarbaru sangat diperhatikan oleh pemerintah pusat jika terjadi kebakaran di dekat bandara, bahkan Presiden RI Joko Widodo juga pernah datang ke lokasi untuk meninjau langsung lokasi terjadinya kebakaran lahan tersebut,” ujarnya.

Belajar musibah banjir pada Januari lalu, Said mengatakan sangat memerlukan posko-posko banjir untuk menyalurkan bantuan dari posko pusat kepada posko-posko daerah tujuannya agar bantuan lebih terarah dan teroganisir.

“Kita juga memerlukan perahu karet bermesin untuk memudahkan evakuasi warga yang terdampak. Tadi, Basarnas Banjarmasin juga siap memberikan pelatihan penyelamatan underwater, daerah pedalaman maupun gedung-gedung tinggi. Kami bisa meminta backup, karena Basarnas Banjarmasin memiliki peralatan yang lebih lengkap dalam menghadapi tiap bencana bencana yang terjadi,” jelasnya.

Kepala Basarnas Banjarmasin Slamet Riyadi menyebutkan jika pihaknya siap memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Banjarbaru dalam menghadapi bencana.” Dan juga jika diminta untuk melakukan pelatihan rescue terutama underwater, kami juga siap membantu dalam pelatihan underwater rescue maupun pelatihan rescue yang lainnya,” katanya. (dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya