Petani Coba Tanam Padi Varietas Lokal Paska Banjir

Rimbangun atau “Limbangan” (berdasarkan bahasa Banjar Hulu) yang dianggap liar dan tidak dimanfaatkan itu mereka ambil untuk ditanam kembali sebagaimana mestinya pascabanjir,” jelas politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Banjarmasin, KP – Petani di Kabupaten Banjar masih mencoba menanam padi varietas lokal pasca bencana banjir lalu, walaupun memerlukan waktu lebih lama untuk dipanen.

“Tampaknya masih ada cara warga tani daerahnya untuk menanam kembali padi varietas lokal,” kata anggota Komisi I DPRD Kalsel, Fahrani kepada wartawan, kemarin, di Banjarmasin.

Padahal persediaan benih atau paung padi lokal sudah habis mereka tanam yang tersapu bencana banjir.

Fahrani menjelaskan, petani setempat menanam atau mengembangkan kembali padi lokal mereka menggunakan “rimbangun” (anakan padi yang tumbuh dengan sendirinya sehabis panen).

Berita Lainnya
1 dari 857

“Rimbangun atau “Limbangan” (berdasarkan bahasa Banjar Hulu) yang dianggap liar dan tidak dimanfaatkan itu mereka ambil untuk ditanam kembali sebagaimana mestinya pascabanjir,” jelas politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Selain menanam atau memanfaatkan benih padi varietas unggul pemberian dari pemerintah, sebagian warga tani Kabupaten Banjar mencoba mengembangkan kembali padi lokal yang mereka ambil dari rimbangun.

Petani di Kabupaten Banjar, berharap tidak ada lagi bencana banjir susulan sehingga tanaman padi mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik hingga panen.

“Mereka optimistis tanaman padai mereka akan menghasilkan kendati sedikit terlambat dari perhitungan musim karena banjir, asalkan tidak ada lagi bencana,” tambah Ketua DPC PDI Perjuangan Banjar.

Apalagi Kabupaten Banjar merupakan lumbung padi Kalsel, yang sebagian petaninya masih mempertahankan padi varietas lokal.

Beberapa padi lokal yang harganya lebih mahal dari varietas unggul antara lain Siam Unus, Mutiara, Mayang dan Karandukuh dengan ciri khasnya nasi “purai” (tidak pulen). (lyn/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya