Tim Penegakan Prokes Gelar Operasi Cegat Pengendara Tak Pakai Masker

Batulicin, KP – Puluhan Tim Penegak Disiplin Kesehatan (PEDAS) terdiri dari TNI,Polri, Pol PP dan Dinas kesehatan melakukan operasi humanis memakai masker dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Operasi yang digelar petugas ini dilaksanakan di muka taman education park muka pasar minggu kecamatan Simpang Empat 2/1.2021 selasa siang. Tim melakukan operasi dengan cara memberhentikan pengendara roda dua dan empat yang tidak mengenakan masker.  

Pengendara yang dari jauh terlihat tidak mengenakan masker langsung disuruh menepi dan berhenti sambil ditanya kenapa tidak mengenakan masker.

“Kenapa tidak memakai masker,” ujar salah satu petugas  TNI, saat bertanya pada salah satu pengendara. Jawaban pertanyanan dari pengendara pun sangat beragam,mulai dari lupa membawa, ada dibawa tapi tidak dipakai, sampai kepada memang tidak punya masker.

Meski jawaban yang disampaikan hanya alasan, petugas tetap santun dan mengutamakan pendekatan humanis sambil memberikan nasehat agar memakai masker untuk menjaga kesehatan dan mencegah penular covid 19.

Mereka juga di beri masker oleh petugas dan dipasangkan, setelah nya baru di persilahkan beranjak meninggalkan lokasi. Hanya saja sebelum beranjak mereka harus menerima hukuman terlebih dahulu, dengan menyapu dia area lokasi Petugas melaksanakan aksi rajia yustisi.

Berita Lainnya
1 dari 513

Rasniah salah satu penjual sayur saat di terjaring mengaku memang tak punya masker, “ulun kada punya masker”, ujar wanita paruh baya ketika ditanya dan lansung di beri masker oleh petugas. Sementara itu

Kasdim 1022/TNB Mayor Kavaleri M. Aminudin ST mengatakan, operasi tim gabungan yang dilaksankan terdapat 300 orang terjaring.

Ini terlihat dari masker yang dibawanya 300 habis dibagikan pada warga yang tidak memakai masker. Hanya saja dirinya mengakui sudah banyak peningkatan dibanding minggu-minggu sebelumnya. 

“Masyarakat mulai sadar bahaya virus Covid-19. Terilhat banyak warga membawa masker, namun tidak dipakai sehingga dihentikan, kita berikan eduksi dan pakai masker,” katanya.

Menurutnya penyebab warga tidak mematuhi prokes, adalah kurangnya kesadaran masyarakat terkait prokes, dan kurang sosialisaai pemerintah setempat serta perlu  di butuhkan peraturan yang tegas sehingga pelaksanaan dilapangan tidak ragu-ragu.

“Upaya menyadarkan penegakan disiplin, kita harus giat menggelar rajia yang tidak ditentukan baik malam, siang, pagi dan kita tidak memberitahu kapan dan dimana pelaksanaanya, sehingga masyarakat bisa patuh dan sadar akan pentingnya prokes,” tandasnya. (han)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya