Wabup Sambut Kedatangan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Pusat

Barabai, KP – Kedatangan Deputi Bidang RR BNPB, Ir Rifai, MBA ke Kabupaten HST diterima langsung oleh Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan, di Posko Induk Stadiun Murakata Barabai Mandingin, ikut dalam rombongan Kepala Bapelitbangda Prov Kalsel, Kepala Dinas Perkim Provinsi Kalsel, Kepala BPBD Provinsi Kalsel, Senin 1/2/2021 lalu.

Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan, mengawali sambutannya dengan menceritakan kilas balik terjadinya banjir bandang yang terjadi di Kabupaten HST tanggal 14 Januari 2021, Alhamdulillah hari ini kita mendapat kunjungan dari Deputi rehabilitasi rekonstruksi BNPB yang akan secara langsung lokasi bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Hulu sungai Tengah.

“Kami ucapkan selamat datang dan kami senang sekali dengan kunjungan ini sehingga nanti bisa mendengar dan melihat langsung bagaimana akibat dari dampak banjir ini sehingga mendapat gambaran secara utuh dan dukungan dalam rangka rehabilitasi dan pemulihan kedepannya,” katanya.

“Kami berharap dukungan penuh tentu kami tidak bisa menangani sendiri  karena situasi kita kali ini dobel ada bencana di tengahnya kita menghadapi pandemi covid 19 hampir sebagian besar anggaran tersebut untuk penanganan covid 19 selanjutnya kita mendapat bencana banjir lagi yang tentu kemampuan kita semakin lemah dalam hal menangani kondisi darurat bencana untuk itu kami butuh dukungan penuh dari pemerintah provinsi, pemerintah pusat sehingga kami bisa dengan segera dapat melaksanakan pemulihan,” tambahnya.

Berita Lainnya
1 dari 388

Sementara Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Pusat Ir Rifai menyampaikan kata kala ketersediaan lahan  sudah ada untuk merelokasi yang pertama memastikan seluruh data dan fakta informasi terkait kerusakan rumah dan rumah hilang.

“Semoga hari ini kami hadir bisa memberikan data dan informasi yang komplit terkait rumah yang rusak berat, rumah yang hilang, kami akan mencoba memberikan solusi apa yang terbaik relokasi dan kami tawarkan rumah langsung rumah instan dan mudah-mudahan masyarakat juga dengan ridho menerimanya,” katanya.

“Selain itu selama masa tunggu pembangunan rumah, kami menggunakan nama istilahnya dana tunggu hunian sebesar Rp500.000 perbulan untuk biaya kontrak hingga selesai pembangunan kita serahkan sembari menunggu pembangunan rumah selesai,” tambahnya.

“Kami mohon data terkait rumah rusak dan hilang, syukur-syukur nanti ditambah dengan koordinat dan fotonya mungkin ini terpakai di sistem informasi sehingga kawan-kawan di BNPB nanti bisa melihat langsung di sistem tersebut, inilah bukti bahwa kami menaruh perhatian besar kepada masyarakat yang terdampak banjir bandang,’’ tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj Sekda Kab HST, para Staf Ahli, Para Asisten, Kepala Dinas Perkim HST, Kepala BPBD HST, Unsur Kodim 1002/Barabai dan Polres HST. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya