Abdul Hadi Serahkan Benih Padi dan Jagung Ke Petani Desa Mantuyan

Paringin, KP – Pasca banjir, Pemerintah daerak kabupaten Balangan melalui Dinas Pertanian setempat membagikan bantuan benih kepada para petani yang terdampak banjir beberapa waktu lalu. Senin (15/03) kemarin di Desa Mantuyan kecamatan Halong, Bupati Balangan H Abdul Hadi secara simbolis menyerahkan bantuan kepada sejumlah kelompok tani.

Seperti diketahui, pada banjir tadi banyak para petani yang mengalami kerugian, tidak hanya tanaman yang rusak kerena terendam air tapi juga lahan sawahnya juga ikut rusak. Bantuan untuk para petani khususnya pasca banjir ini tidak hanya dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Balangan tapi juga dari pemerintah provinsi Kalsel melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel.

Bupati H Abdul Hadi secara simbolis menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak. Karung benih jagung diserahkan kepada perwakilan kelompok tani di Desa Mantuyan.

Abdul Hadi mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel yang telah membantu sektor pertanian di Kabupaten Balangan.

Sebut dia, pertanian menjadi satu sektor yang masuk dalam visi misi prioritasnya bersama Wakil Bupati Balangan dalam memimpin Kabupaten Balangan. Terutama mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Berita Lainnya

Disdik Balangan Kembali Usulkan PTM

1 dari 489

Dalam hal mengembangkan segala sektor ucapnya tidak cukup hanya dengan mengandalkan APBD. Sehingga ke depan para kepala SKPD harus pro aktif jemput bola dana di pusat. Begitu pula untuk bantuan dari bidang pertanian.

Lebih lanjut, Abdul Hadi juga berharap semua bantuan yang diserahkan kepada petani bisa dimanfaatkan secara baik. Sehingga bisa menunjang ekonomi para petani Desa Mantuyan.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan menjaga produksi padi dan jagung adalah tanggung jawab bersama.

“Kita turut menjaga produksi padi dan jagung kita yang terkena banjir, agar jangan sampai kehilangan, kasian petani kita,” ucapnya.

Sedangkan, dalam laporannya, Kepala Dinas Pertanian Balangan, Rahmadi Uuen mengungkapkan, salah satu tolak ukur pertanian maju adalah semua proses pertanian menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan). Apabila itu terpenuhi maka petani akan sejahtera.

Ia juga memaparkan perihal bantuan yang diserahkan diantaranya Alsintan dan benih jagung pada lahan seluas 3500 hektare. Ditambah pula benih padi untuk lahan seluas 5000 hektare serta peremajaan karet dengan luasan lahan mencapai 100 hektare. (rls/K-6)aq
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya