Bupati HSS Bangga, Tagana Tanggap Tangani Bencana

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengikuti kegiatan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-17 Taruna Siaga Bencana (Tagana) Indonesia tingkat Kabupaten HSS, Rabu (24/3/2021) di lapangan terbuka Desa Durian Rabung, Kecamatan Padang Batung.

Bupati HSS Achmad Fikry mengapresiasi atas peran aktif Tagana Kabupaten HSS, yang selama ini menjadi ujung tombak dalam membantu masyarakat saat terjadi bencana.

Bupati Achmad Fikry mengucapkan terima kasih, dan mengaku bangga kepada semua anggota Tagana Kabupaten HSS, yang selalu cepat tanggap dalam menangani persoalan-persoalan bencana.

“Saya bangga punya Tagana di Kabupaten HSS, yang selalu memberikan dukungan penuh untuk penanganan bencana,” ucapnya.

Ia menuturkan, tidak hanya di Kabupaten HSS, bahkan Tagana mampun bergerak dimanapun bencana terjadi. Tagana tak mengenal batas wilayah, tidak mengenal ras agama dan suku, kapan pun dimanapun dan siapapun yg membutuhkan selalu siap membantu.

Berita Lainnya
1 dari 530

Achmad Fikry optimis, empat kemampuan khusus dalam pendampingan sosial seperti pengelolaan shelter, pengelolaan logistik, pengelolaan dapur umum, serta psiko sosial menjadikan Tagana memberikan kontribusi yang sangat besar. Tidak hanya pada pada kesiapsiagaan, pencegahan di masa pra bencana, perlindungan korban di masa tanggap darurat hingga pendampingan pada pasca bencana.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Kabupaten HSS Lea Indiarti menjelaskan, peringatan HUT Ke-17 Tagana Indonesia di Kabupaten HSS dirangkai dengan berbagai kegiatan bakti sosial, penanaman pohon serta pembersihan sampah di sungai dan bantaran sungai.

Ia menyebutkan, bakti sosial Tagana dilaksanakan di lokasi terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor di Desa Haruyan Dayak, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Kegitan selama lima hari pada 15 sampai 19 Februari 2021 itu, yakni pembuatan dan perbaikan jembatan serta pembangunan rumah warga yang terdampak banjir.

Selanjutnya, bakti sosial Tagana HSS dengan melalukan penanaman pohon dan pembersihan sampah di sungai, serta di bantaran Sungai Amadit pada 4 Maret 2021 lalu.

Sedangkan puncak peringatan HUT ke-17 Tagana diawali dengan penanaman pohon oleh Bupati HSS, sebagai langkah pencegahan dan pengurangan resiko bencana.

Lea Indiarti mengungkapkan, anggota Tagana Kabupten HSS berjumlah 76 orang, terdiri laki-laki sebanyak 50 orang dan perempuan sebanyak 26 orang, dengan jenjang keanggotaan Tagana Muda sebanyak 73 orang dan Tagana Madya 3 orang. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya