Dua Hari Tidak Pulang, Pencari Ikan di Daha Selatan Dikabarkan Hilang

Kandangan, KP – Sudah dua hari tak pulang dari mencari ikan, seorang warga Desa Baruh Jaya, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dikabarkan hilang.

Seorang lanjut usia (Lansia) bernama Hamdi (71 tahun) warga Desa Baruh Jaya RT 8 RW 4, berangkat mencari ikan menggunakan perahu sejak Sabtu (27/2/2021) sekitar pukul 22.00 Wita.

Setelah mencari ikan, ia biasanya pulang ke rumah pada pagi harinya. Tak kunjung pulang hingga Minggu (28/2/2021) malam, keluarga yang khawatir kemudian berinisiatif melakukan pencarian.

Pencarian awal bersama masyarakat, dilakukan dengan menyisir di sekitar tempat Hamdi mencari ikan.

“Sampai hari ini pukul 14 Wita, penyisiran terus dilakukan beberapa kali,” ucap Rahmani Nopran, anggota relawan Satgas BPBD Kabupaten HSS, kepada Kalimantan Post, Senin (1/3/2021) siang.

Penyisiran dilakukan di sekitar sungai maupun rawa, di Desa Baruh Jaya dan sekitarnya.

Berita Lainnya
1 dari 530

Pria yang kerap disapa Pa RT itu menjelaskan, penyisiran dilakukan menggunakan perahu klotok ces yang dipinjamkan masyarakat setempat.

“Masalahnya medan rawa tidak bisa perahu karet bermesin, perahu karet bisa tertusuk tumbuhan berduri atau yang lainnya, jadi kita menggunakan ces yang dipinjami masyarakat,” ujar Pa RT, yang juga merupakan Korwil KGE HSS itu.

Ia mengungkapkan, sudah datang relawan dari berbagai daerah seperti dari Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Tapin untuk membantu penyisiran. Bahkan, sudah ada dari Basarnas Tabalong.

Kapolsek Daha Selatan Iptu Indra Permadi membenarkan, terkait adanya warga di wilayah hukum Kecamatan Daha Selatan yang tak kunjung pulang ke rumah pasca mencari ikan.

“Lokasi beliau mencari ikan tidak diketahui secara pasti, sehingga menjadi kendala dalam pencarian,” ujarnya.

Dijelaskannya, menurut laporan, Hamdi mencari ikan dengan mengayuh perahu tanpa menggunakan mesin.

Relawan dari berbagai daerahpun terus berdatangan membatu proses penyisiran, di sekitar desa setempat. (tor/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya