Komisi IV DPR RI Tinjau Petani Food Estate di Desa Petak Batuah A2

Palangka Raya, KP – Komisi IV DPR RI melakukan pengawasan serta peninjauan Lokasi Food Estate di Desa Petak Batuah A2, Kecamatan Dadahub, Kabupaten Kapuas, Kamis (25/03).

Kunjungan dipimpin Ketua Tim/ Wakil Ketua Komisi IV Anggia Erma Rin dan anggota yakni Vita Ervina, Ono Surono, Endro Hermono, H. T.A. Khalid, Yessy Melania, Julie Sutrisno, Bambang Purwanto, H. Andi Akmal Pasluddi, Fachry Pahlevi Kanggoasa, Ponco Sumarmo, Ria Damayanti, Wibowo Sukoco, Rohiman dan Nurul Firdausi.

Salah satu tujuan lainnya Kunker Komisi IV DPR RI untuk menyerap aspirasi masyarakat serta para petani di kawasan tersebut. Pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Aswan mengharapkan program food estate di Kabupaten Kapuas dapat berdampak baik untuk masyarakat Kalteng.

Harapan kami program food estate ini “berdampak baik terhadap petani kami di Kabupaten Kapuas khususnya dan di Kalteng pada umumnya”, ujar Aswan.

Komisi IV DPR RI Serap Aspirasi Masyarakat dan Petani di Desa Petak Batuah A2, Kabupaten Kapuas

Berita Lainnya
1 dari 463

Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng Hj. Sunarti saat berbincang-bincang dengan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI

Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng Hj. Sunarti mengungkapkan Food estate di Kabupaten Dadahup sudah hampir terlaksana 100 persen kecuali di Desa A5. Food estate di Kecamatan Dadahup ini ada 2.000 Hektare (Ha), di A5 seluas 1.000 Ha dan yang lainnya di Desa A2, B1 “dan C itu sudah mulai panen”, tuturnya.

Diakui, semangat masyarakat sangat luar biasa disitu. dimana semula menanam padi lokal hanya sekali dalam setahun, ini bisa dapat bonus. Dalam artian bisa 2 kali tanam. Seperti yang kita saksikan bersama pada Bulan Desember lalu kita juga melakukan pemanenan di lahan yang sama oleh Bapak Wakil Gubernur Kalteng. Ini juga sudah panen lagi. Inilah yang namanya peningkatan Indek Penanaman (IP) dari 1 menjadi 2.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rin menjelaskan maksud kedatangan Komisi IV DPR RI yakni untuk melihat secara langsung keberhasilan program food estate di Kalteng. Diketahui, Food Estate di Kalteng menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024.

“Saya dan teman-teman melihat secara langsung prosesnya, pengawasan juga, supaya kita bisa menghasilkan lebih maksimal”, paparnya.

Kunker tersebut didampingi Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP), Kementerian Pertanian Sarwo Edhy dan Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya