Pendonor di Disperdagin Banjarmasin Lampaui Target

Banjarmasin, KP – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin menggelar donor darah bagi pedagang maupun warga pasar, kegiatan donor darah tersebut bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Banjarmasin Tengah yang didukung oleh unit donor darah PMI Kota Banjarmasin.

Plt. Kepala Dinas Perdagin yang disampaikan oleh Kepala Bidang PSDP & Pasar Ichrom Muftezar mengungkapkan tujuan donor darah tersebut untuk mendekatkan pelayanan donor darah bagi pedagang dan warga pasar lainnya untuk membantu kekurangan stok darah di PMI saat pandemi ini, belum lama ini.

Tezar mengungkapkan, dalam pelaksanaan donor darah kali ini terealisasi sebanyak 72 kantong darah dari target 100 kantong, kurangnya realisasi dikarenakan banyaknya pendonor berdarah AB yang terpaksa harus ditolak oleh petugas dikarenakan masih adanya stok darah golongan AB sebanyak 48 kantong di UDD PMI, sehingga dari 105 pendaftar hanya bisa teralisasi sebanyak 72 kantong darah saja, selain itu juga tinggi rendahnya HB dan tekanan darah mempengaruhi bisa tidaknya pendonor mendonorkan darahnya.

Berita Lainnya

Satgas Belum Rekomendasikan PTM

1 dari 3.201

“Alhamdulillah acara donornya darah kali ini berjalan lancar walaupun tidak mencapai target tapi kami cukup mengapresiasi para pendonor yang datang, 72 kantong bukan jumlah yang sedikit, kami sangat bersyukur, untuk itu kami mengucapkan terima kasih banyak dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pendonor yang telah meluangkan waktu dan mendonorkan darahnya untuk alasan kemanusiaan, begitu juga kepada donatur yaitu Alfamart yang telah menyiapkan paket sembako untuk para pendonor” ungkapnya.

Sebagai Ketua Pengurus PMI Kecamatan Banjarmasin Tengah Tezar juga menyampaikan bahwa pelayanan donor darah bisa dilakukan setiap hari selama 24 jam di kantor UDD PMI Kota Banjarmasin Jl. S. Parman No. 14 RT. 02 RW. 01 Kelurahan Antasan Besar Kecamatan Banjarmasin Tengah, petugas UDD siap melakukan donor darah selama 24 jam. Kami terus melakukan koordinasi dengan Kepala UDD Kota Banjarmasin dr. Rama terkait ketersediaan stok darah dan plasma konvalesen di PMI, untuk itu kami terus menghimbau kepada masyarakat agar secara aktif dan rutin untuk mendonorkan darahnya, karena selain membantu masyarakat yang membutuhkan, donor darah juga menyehatkan.

“Begitu juga dengan donor plasma konvalesen, kami berharap masyarakat yang telah sembuh dari Covid-19 bisa dengan sukarela mendonorkan plasma konvalesennya melalui UDD PMI karena diyakini ini merupakan salah satu ikhtiar yang dapat menyembuhkan pasien yang terpapar Covid-19,” tutupnya. (vin/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya