Ribuan Vial Vaksin Termin Kedua Prioritaskan Lansia

Banjarmasin, KP – Banjarmasin kembali menerima ribuan vial vaksin dalam proses distribusi (termin) vaksin Covid-19 tahap kedua.

Vaksin yang diharapkan menjadi salah satu upaya dalam memutus mata rantai penularan virus Corona itu diketahui tiba di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin pada dan diterima langsung oleh Kepala UPT Instalasi Gudang Farmasi, Yohana Rusnayuda, Rabu (17/03) pagi.

Kepala Dinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, hari ini pihaknya menerima sebanyak 7350 vial vaksin yang diserahkan oleh Instalasi Gudang Farmasi dan Perlengkapan Kesehatan Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kami memprioritaskannya kepada lansia karena lansia memiliki resiko tinggi untuk tertular Covid19,” tulisnya pada awak media melalui pesan singkat, Rabu (17/03) pagi.

Menurutnya, dalam pembentukan antibodi bagi para lansia sangat berbeda dengan orang orang yang muda dan produktif.

Pasalnya, memerlukan waktu yang lama untuk membentuk antibodi sehingga risiko kematian juga sangat tinggi bagi lansia.

Berita Lainnya
1 dari 2.642

“Kita menghimbau kepada masyarakat untuk datang ke Puskesmas agar bervaksin bagi keluarganya yang tergolong lansia,” ajaknya.

Ia menjelaskan, tujuan vaksinasi itu sendiri bertujuan untuk membangun herd immunity di Kota Banjarmasin, sehingga ia berharap warga masyarakat bisa membawa keluarganya yang lansia ke Puskesmas terdekat.

“Tentu tujuan utamanya adalah agar Banjarmasin bisa mengendalikan pandemi Covid-19 di kota kita,” ujarnya.

Ia menekankan, bahwa jika hanya mengandalkan vaksin, penanganan Corona tidak akan cukup. Namun harus tetap disiplin melaksanakan Protokol kesehatan.

Penerimaan vaksin Covid 19 ini selanjutnya akan didistribusikan kembali ke RSUD Sultan Suriansyah dan seluruh Puskesmas di Banjarmasin.

Sehingga proses vaksinasi kepada masyarakat dapat terus dilakukan dan pencapaian target vaksinasi dapat segera terealisasi. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya